trimester 1 – never ending

Kenapa judulnya never ending? karena rasanya luuaaamaaaa banget. Yak, trimester ini adalah trimester yg terasa sangat panjang! Selain karena belom berasa hamil (perut masi rata *ceilaah) tapi rasanya mual banget. So, i feel like sick, but doesnt look like one! hhh…
Dimulai dengan mual muntah di awal uk-5 minggu, dari yg cuma uwok-uwok ga keluar apa-apa, sampe uwok muntah beneran. Tapi untungnya, (segini masih untung) muntah yg saya alami paling 1x sehari, jarang yg ampe muntah berkali-kali meskipun pernah sih ๐Ÿ˜ฆ

ceritanya ngidam ke PH, meskipun pas kesana mamnya gak abis karena mual :(

ceritanya ngidam ke PH, meskipun pas kesana mamnya gak abis karena mual ๐Ÿ˜ฆ

Hilite trimester ini:
1. Dont freak out! just dont~~ freaking out just making you suffer.
2. Setiap muntah, ingatlah kalo janin di dalem sedang berkembang dengan baik. Ini cukup jadi mantra ampuh setiap kali toilet-hugging. ughh~~
3. Lebih anggun. Ini maksudnya jangan pecicilan ato grasak-grusuk. Saya yg termasuk orang yg suka grasak-grusuk, kadang senggal-senggol jadi lebih berhati-hati dalam berjalan. Tapi ya ga selebay jalannya jadi aneh gitu, maksudnya ya sangat menghindari kegiatan yg menimbulkan guncangan, kayak lari, buru-buru, loncat-loncat, ato pake kendaraan trus kena polisi tidur, dsb. Karena kalo kata bapak-bapak di kantor (lho kok?hehe) di trimester 1 ini kantung janin belum bener-bener nempel ke rahim, mungkin kasarnya gitu ya, jadi rawan banget kalo kena guncangan ato fisik bumil yg terlalu cape.
4. Foods. Trimester ini agak susah ya makanan masuk, karena mualnya itu ๐Ÿ˜ฆ Jadi kalo makan ya random aja gitu pengennya apa. Sarapan sekiranya yg enak batagor ya makan batagor, yg penting masuk makanan, itu aja yg jd patokan pas trimester 1 ini. Selain itu, minum susu ibu hamil juga lagi rajin-rajinnya karena semangat menyambut kehamilan hehe ๐Ÿ˜€ Untuk obat dan vitamin paling asam folat, vit b6 buat ngurangin mual dan penguat. Makanan favorit di trimester ini: Perkedel Jagung! ๐Ÿ™‚
5. UGD ! Karena dasarnya lagi mual dan kebayang itu rujak buah segarr, jadilah suatu sore minta beliin rujak sama suami, lahap! Tapi karena saya pengidap maag, kurangnya nasi yg masuk dan terlalu banyak makan yg asem-asem bikin asam lambung naik dan harus masuk UGD karena mualnya. bandel..hehehe ๐Ÿ˜›

Total surat izin sakit untuk trimester ini adalah untuk 5 hari, karena si maag itu tadi. Selain itu, alhamdulillah berat badan selalu naik, juga berat janin. Meskipun mual tapi tetep maksain biar ada makanan masuk dan gizinya terpenuhi.
Yang penting adalah makan dan minum dengan gizi seimbang! Sejak awal kehamilan, saya berkomitmen untuk makan sayur dan buah setiap hari dan mulai meninggalkan makanan pedas yg sooo irresistable! hup hup!

Awalnya agak parno juga sih seiring banyaknya orang yg wanti-wanti biar hati-hati, tapi saya bersyukur karena mereka selalu mengingatkan, juga membantu ๐Ÿ™‚ Apalagi di trimester 1 ini saya masih sering keluar kota, sempet khawatir juga kecapean. Tapi alhamdulillah…bapak/ibu di kantor perhatian sekali, dari bantuin bawa barang bawaan (tas laptop dan bajubaju), memaklumi bau minyak angin yg saya hirup buat ngilangin mual, sampe selonjoran lemes di lobby hotel. wkwkwk Tapi seneng juga sih dengan dinas luar kota itu jadi dapet buah-buahan dan makanan yummy ala hotel yg ampuh buat ngatasin mual-muntah ๐Ÿ˜€ *PEACE*

Advertisements

4 thoughts on “trimester 1 – never ending

  1. Hai Nadia, salam kenal yaaa… Lagi BW nih karena sering lihat namamu dikomen beberapa blogger. Trus langsung aku masuk ke area motherhood hehe. Sekalian juga mau nanya-nanya. Kalau misalkan ada ibu hamil diawal kehamilan yang ga mengalami mual atau muntah sama sekali apakah itu normal ya? aku baca dibeberapa artikel dan blog dokter sih katanya normal meskipun ga banyak wanita yang kondisinya seperti ini. Mungkin dari pengalamanmu bisa sharing informasi. Thanks ya sebelumnya, pertama berkunjung lagsung nanya-nanya ๐Ÿ™‚
    -deny-

    Like

    • Halo, salam kenal juga ๐Ÿ™‚
      Kalo menurut saya sih gak masalah, banyak temenku yg gak mual juga soalnya. Dan kehamilan mereka baik-baik plus sehat juga. Cuma aku gak ngerti faktor apa yg bikin mual dan gak mual itu.
      Sejauh ini sih karena lebih banyak orang khawatir dengan mualnya itu, makanya banyak yg nanya sama nakes mereka yg biasanya dijawab dengan mual itu tanda kehamilannya sehat, tapi bukan berarti gak mual jadi gak sehat juga.
      Saya rasa begitu, semoga membantu hehe
      Eniwe, terima kasih sudah berkunjung ๐Ÿ™‚

      Like

  2. Terima kasih banyak jawabannya ๐Ÿ™‚ Iya benar, karena kondisi satu dan lain orang bisa berbeda. Dan biasanya yang berbeda ini suka bikin orang jadi khawatir berlebihan ๐Ÿ™‚ padahal kalau ga berlebihan bedanya berarti ya norma-normal aja

    Like

Let's share what you think!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s