Halo, Demam!

Yak! Akhirnya di bulan kesembilan usianya ini, Aghis sakit juga. Sakit yg musti nyari DSA. Sebenernya yg bikin panik ampe akhirnya di bawa ke DSA itu bukan demamnya, karena kalo demamnya doang suhu tertinggi kmarin cuma nyampe 38,7 dercel (gak nyampe 39 ato 40 dercel, yasemoga jangan 😦 ) dan dia pun lincah-lincah aja, makan minum tetep masuk banyak. No Worries.

Halo! Keren kan aku pake plester kompres :P

Halo! Keren kan aku pake plester kompres 😛


Jadi apa dong? Yaitu muntah pas di kereta pulang dari Bandung pas abis Idul Adha kemarin. Padahal udah nyampe gambir, lagi nunggu kereta bener-bener berhenti buat turun, tapi akhirnya si uwok pun keluar. Mana muntahnya ampe keluar dari idung pula >.< Kalo nginget-nginget lagi muka Aghis pas lagi muntah itu rasanya gak tega banget. Muka kaget dan bingung "haa..ini apa??Aku kenapa???" Duh… T__T

Abis turun langsung buru-buru lah ke nursing room gambir buat gantiin baju Aghis yg kena muntah, untung waktu itu saya pake nursing cape jadi kenanya itu aja tinggal dilepas. Cusss kita langsung ke RS Evasari biar sejalan pulang. Dodolnya, pas di Jalan Pramuka si taksi malah lewat underpass, jadi si belokan ke Evasarinya kelewat!! Maaaakk!! hahaha jadilah kita putusin buat sekalian ke rumah dulu biar nyimpen barang-barang juga.
Nyampe rumah, Aghis yg daritadi dikhawatirin mamak bapaknya malah mesem-mesem dan langsung jingkrak-jingkrak, main kesana-kemari. Enakan kali ya abis muntah lebih plong, diukur suhunya udah turun jadi 37,7 dercel. Fiuuh~

Lepas maghrib jadi deh kita ke Evasari. Nyampe sana registrasi dan kita putuskan buat ga milih dokter. Yaah..biar ga usah antri lama karena udah malem juga dan Aghis dalam keadaan demam biar cepet pulang dan istirahat. Tapi dalem hati sih teteep berharap semoga DSA-nya ini Pro RUM (Rational Use of Medicine).. huhu
Daaan kita pun dapet dr. Stephanie Yulianto, SpA. Setelah diperiksa, dokter bilang Aghis cuma kecapean aja abis liat sapi di Bandung mihihi (liat sapi jauh banget yak ke Bandung 😛 ) Tapi diliat juga sih kalo 3 hari panasnya gak turun bakal dicek darah karena takutnya DB. Aghis juga gak diresepin obat, karena di rumah ada obat jaga-jaga Sanmol Drop yang katanya bisa dipake kalo panasnya udah lebih dari 37,7 dercel setelah saat itu 🙂 Alhamdulillah, besoknya Aghis udah sembuh tanpa mesti minum obat dan cek darah. Horeee!! Sanmol Drop gak jadi dibuka 😀 (biarlah itu terus jadi pajangan aja yak, biar penyakitnya takut aja 😛 wkwkw)

Haaa~~ begini ya rasanya jadi orang tua kalo anaknya sakit 😦 kesiaan mana belum bisa ngomong yg kerasanya apa..hiks
Jadi kesimpulannya, jangan panik dulu kalo anak demam (terutama bayi dan balita yg biasanya sering kena demam). Katanya dokter kemarin sih yg penting dipantau terus suhu tubuhnya, terkecuali kalo anak udah lemes, ga mau makan minum ato 3 hari ga turun-turun suhunya. Bole pake plester kompres juga mengingat bayi/balita masi ga bisa diem kalo dikompres pake anduk. Pemberian obat penurun panas hanya bila diperlukan, biasanya kalo suhunya >38,5 dercel. Dan sebisa mungkin jangan kenal antibiotik karena demam sendiri (juga flu, batuk, pilek) disebabkan oleh virus yg bisa sembuh kalo imun kitanya kuat. Instead of ngasi antibiotik, mending banyakin makan buah ber vit.c, minum/nenen, dan istirahat. Disinilah perlunya untuk cari DSA yg Pro RUM, karena kalo orang tua panik trus dokternya ga Pro RUM bisa dikasi resep yg macem-macem. And thankfully we found you, dr. Steph, meski saya lupa minta no.kontaknya beliau kalo-kalo perlu konsul.
Oya, dulu pernah dikasi tau juga sama DSA di Bandung kalo ortu perlu punya P3K buat bayi, karena bayi/balita kan sering sakit tu apalagi kalo katanya “mau tambah pinter” biasanya anget-anget, dsb. Kalo saya sih yg musti sedia adalah plester kompres, termometer, sanmol drop, minyak olbas, minyak/balsem telon, oralit 🙂

Sehat-sehat selalu yaaa Ghisniikuu :*


Aaaah..sedikit curhat, tibatiba saja bulan ini sangat hectic >.< pengumuman opening beasiswa yg mendadak bikin kelimpungan. Kirain baru bisa nyoba taun depan ternyata masi ada kesempatan buat taun ini. Haa~~ Bismillah, semooga diberikan yang terbaik dan paling banyak manfaatnya buat keluarga, itu aja. Kalo usaha sih insya Alloh sebisa mungkin karena sekarang udah ada si kecil tantangannya bertambah, seperti mau belajar tapi Aghis masi minta dinyanyiin cicak-cicak di dinding, dsb. Insya Alloh kalo emang rejeki ga akan kemana kan? 😉 yang penting usahaa dan berdoa~~

Advertisements

3 thoughts on “Halo, Demam!

  1. Pingback: Seteguk Moodboosters: Hot Dark Chocolate & Ginseng White Coffee | mind&fingers

  2. Pingback: Seteguk Moodboosters: Hot Dark Chocolate & Ginseng White Coffee | Nadcissism

  3. Pingback: One Heck of A Week | NADCISSISM

Let's share what you think!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s