Review Buku 7 Habits of Happy Kids (Bilingual)

SAMSUNG CSCJudul: 7 Habits of Happy Kids (7 Kebiasaan Anak Bahagia);
Jumlah Halaman: 192 halaman (bahasa dan English), 28 cm;
Tahun Terbit: 2014;
Penulis: Sean Covey;
Ilustrasi: Stacy Curtis;
Penerjemah: Lanny Murtihardjana
Penerbit: Libri.

Pernah mendengar atau membaca buku 7 Habits of Highly Effective People oleh Stephen Covey? Jika pernah, maka buku ini adalah versi untuk anak-anaknya. Buku ini ditulis oleh Sean Covey, anak dari penulis besar Stephen Covey, yg sebelumnya juga telah menerbitkan 7 Habits of Highly Effective Teens yg berdasarkan pada karya ayahnya tersebut.

Di awal buku, terdapat peta wilayah The 7 Oaks, tempat tinggal para 7 tokoh di dalam buku ini, yaitu: Goob si Beruang, Jumper si Kelinci, Lily si Sigung, Sammy dan Sophie si Tupai, Pokey si Landak, Allie si Pembuntut, dan Ernie si Cacing. Ernie ini hanya muncul secara tersembunyi pada beberapa gambar, di mana bisa dijadikan games “Cari Ernie” bagi anak sebagai selingan membaca.

SAMSUNG CSCSelain itu, di dalam buku ini juga terdapat Catatan Pribadi bagi para Orang Tua dan Guru. Di akhir setiap cerita, yg mewakili salah satu dari 7 kebiasaan tsb, terdapat Pojok Orangtua yg berisi mengenai:
1. latar belakang pembuatan cerita tsb;
2. beberapa pertanyaan yg bisa dibahas dengan anak mengenai jalan cerita dan maknanya;
3. kegiatan yg dapat dipraktekan berkaitan dengan kebiasaan baik telah diajarkan melalui cerita tadi.

Pada bagian pembatas yg memisahkan versi Bahasa dan English, ada tampilan Pohon Kebiasaan yg terdiri dari 7 kebiasaan yg telah digambarkan dalam cerita untuk memudahkan mengingat inti dari ketujuh cerita dari yg telah disampaikan.

SAMSUNG CSCTo your curiousity, apa aja sih cerita dari 7 kebiasaan tersebut?

1. Cerita pertama berjudul “Bosan! Bosan! Bosan!” dengan tokoh utama Sammy si Tupai mengajarkan anak untuk menjadi proaktif.

2. Cerita kedua berjudul “Goob dan Kotak Koleksi Serangga” dengan tokoh utama Goob si Beruang mengajarkan anak untuk membuat rencana.

3. Cerita ketiga berjudul “Pokey dan Ujian Mengeja” dengan tokoh utama Pokey si Landak mengajarkan anak untuk membuat prioritas, yaitu mendahulukan yg utama.

4.ย  Cerita keempat berjudul “Lily Berkebun” dengan tokoh utama Lily si Sigung mengajarkan anak mengenai Win-Win Solution.

5. Cerita kelima berjudul “Jumper dan Jaring Kupu-Kupu yang Hilang” mengajarkan anak agar mendengarkan untuk memahami orang lain.

6. Cerita keenam berjudul “Tim Luwak Badung” dengan tokoh utama seluruh anak penghuni the 7 oaks mengajarkan anak untuk bersinergi.

7. Cerita ketujuh berjudul “Sophie Mengantuk” dengan tokoh utama Sophie si Tupai mengajarkan anak mengenai keseimbangan dalam hidup dan pentingnya menjaga kondisi diri sendiri.

Menurut saya, secara keseluruhan buku ini cocok bagi anak usia 3 tahun ke atas. Namun, apabila mulai dibacakan pada usia lebih dini pun tidak masalah karena tampilannya yg full color dan banyak gambar akan sangat menarik bagi anak. Material buku ini merupakan glossy paper biasa, tidak berupa board book sehingga memungkinkan untuk sobek bila dimainkan oleh anak usia < 3 tahun. Oleh karena itu, tetap diperlukan pendampingan.

Materi kebiasaan-kebiasaaan baik itu pun disampaikan dengan sangat pas pada setiap cerita. Tidak terkesan dipaksakan maupun “terlalu berat” bagi anak. Adanya dua versi bahasa juga memungkinkan orang tua untuk mengenalkan anak bahasa asing pada usia dini. Sejauh ini, menurut saya sangat bagus untuk dijadikan referensi buku bacaan anak ๐Ÿ˜‰

Happy story telling, Mommies!

SAMSUNG CSC

Advertisements

28 thoughts on “Review Buku 7 Habits of Happy Kids (Bilingual)

  1. Wow, ayah dan anak sama-sama penulis buku :keren.
    Suka foto-foto bukunya! Apalagi ada boneka itu, membaca buku ini jadi kelihatan bahagia sekali ๐Ÿ˜€
    What a good book. A must-have for parents.

    Like

  2. As-salamu alaykum wa rahmatullahi wa barakaatuhu
    Mba resensinya aku Pinjem untuk jualan buku ini bolekah? Nanti aku cantumkan blog nya mba jika bole. Jualan di Instagram nm akunnya @belibuku. Terimakasih sebelumnya

    Like

Let's share what you think!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s