7 Langkah untuk Tidur Nyenyak Bebas (Galau) Nyamuk

Courtesy by Julieflygare.com

Courtesy by Julieflygare.com

Ya, tidur memang sangat penting bagi kesehatan. Tidak hanya makan-minum bergizi dan olah raga teratur, waktu tidur yg cukup pun sangat penting untuk menyeimbangkan ritme tubuh. Menurut sebuah sumber yg saya baca, waktu yg paling baik untuk tidur malam adalah maksimal pukul 22.00. Karena setelah jam tersebut merupakan waktunya bagi tubuh untuk mencerna makanan dan me-restore pikiran kita. Lama waktu tidur yg ideal bagi orang dewasa adalah 7 jam, sedangkan bagi anak adalah +/- 14 jam termasuk tidur siang. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga pola tidur tersebut.

Setelah seharian kerja, capek, pulang ke rumah, paling enak adalah main sama anak sebelum tidur. Apalagi ditambah satu bulan belakangan ini, cuaca nampaknya lagi gundah. Mendung-mendung gimana gitu *yaiyalah namanya musim hujan 😛 Dan kalo lagi musim kayak gini, gerumulan di kasur bareng anak sampe tidur is the best way to recharge our energy! Seperti kata Chanel Iman,

“A good night sleep is always the best way to wake up and go to work”

Tapi, semua berubah setelah negara nyamuk menyerang.

Ya, nyamuk! Hal yg sering bikin galau kalau tidur malem maupun siang. Selain suaranya, kalau lagi tidur sering digigitin nyamuk juga bisa bikin kebangun berkali-kali dan akhirnya sumuk sendiri. Apalagi, saat beberapa hari yg lalu si Mbak cerita bahwa temen mainnya anak ada yg sakit. Setelah saya konfirmasi Mamanya, ternyata bener dong. Anak tersebut kena DBD dan harus dirawat intensif di rumah sakit selama 3 hari. Tersangkanya siapa lagi kalo bukan Nyamuk Aedes Aegypti yg berperan besar dalam penyebaran virus dengue. Prihatin dan khawatir, saya pun kepikiran buat me-review hal-hal yg biasanya kita siapkan sebelum tidur buat pencegahan. Kalo enggak, tidur bakalan penuh galau digangguin nyamuk dan gak bisa nyenyak. Berikut beberapa ritual malam yg biasa kami lakukan sebelum tidur:

1. Membereskan tempat tidur
Gak salah? Beresin kan pas bangun tidur? Betul, tetapi alangkah lebih baik jika sebelum tidur kita kembali memastikan kebersihan dan kerapihan kasur beserta lingkungan sekitarnya. Apalagi kalo sebelumnya dipake main sama anak. Mainan dan buku dikembalikan ke tempat masing-masing. Kalo ada tumpukan mainan/boneka juga baiknya dikebat-kebit dulu biar gak jadi tempat nyamuk buat sembunyi.

Yakin bisa tidur nyenyak kalau sekitar kasurnya ada kapal pecah kayak gini? :P

Yakin bisa tidur nyenyak kalau sekitar kasurnya ada kapal pecah kayak gini? 😛

2. Menutup jendela dan pintu, serta memastikannya terkunci
Ini tujuannya kurang lebih biar gak ada tambahan nyamuk yg masuk dari luar. Apalagi kalo ventilasi di rumah gak pake kawat nyamuk.

3. Siapkan raket!
SAMSUNG CSCBuat bulu tangkis? Bukan, tapi raket nyamuk buat razia! Karena kebetulan anak saya girang banget tiap denger ada nyamuk yg kena setrum, saya jadi punya partner berburu :mrgreen: Kami berdua berburu mulai dari ruang keluarga, dapur, kamar mandi, hingga tiap sudut kamar. Wilayah yg biasanya menjadi perhatian adalah di balik pintu, sekitar tumpukan barang, di sela-sela rak/lemari/tempat tidur, dan sudut ruangan.

4. Memasang kelambu
Selain nyamuk, kelambu ini juga berguna untuk menghadang serangga lain yg lagi kerajinan ronda loh, seperti kecoa misalnya. Hiii~ :\

Look who's in our night shell? :D

Look who’s in our night shell? 😀

5. Pasang Baygon Liquid Elektrik
picsay-1425699534Saya memilih obat nyamuk listrik, terutama Baygon Liquid Elektrik ini karena simple dan praktis. Cairan obat nyamuk ini akan berubah menjadi uap sehingga wanginya lembut dan gak berasap. Selain itu, refill-nya pun mudah didapatkan di mini market/waralaba terdekat.  Penggunaan Baygon Liquid Elektrik juga bisa diatur sesuai kondisi banyak/tidaknya nyamuk, jadi lebih irit kan? 😀

Biasanya, saya pasang Baygon Liquid Elektrik ini 30-60 menit menjelang tidur pada level menengah. Ini dilakukan kalau sebelumnya udah razia nyamuk, biar lebih irit 😛 Tapi, lain halnya kalau kondisi nyamuk lagi banyak-banyaknya. Selain bisa dinyalain semaleman (maks. 8jam), pun diatur pada level maksimal. Baygon Liquid Elektrik ini lumayan lah buat jagain kita selama tidur dengan memberantas sisa-sisa nyamuk di sudut ruangan yg lolos dari razia sebelumnya. Dengan pemakaian seperti ini, Baygon Liquid Elektrik isi 33ml bisa tahan buat 30-45 malam.

Baygon Liquid Elektrik

Baygon Liquid Elektrik


Biar lebih kebayang cara masangnya, bisa cek di video ini:

When everything is all set, mari masuk ke langkah selanjutnya….

6. Membersihkan Diri
Membersihkan diri ini seperti biasa dengan menggosok gigi, cuci muka, tangan, dan kaki. Kadang kalo lagi rajin juga pake krim-krim malam buat wajah. Kalo lagi males, ya di-skip aja 😛 Satu hal yg pasti, minum air putih sebelum tidur is a must!

7. A Little of Me/Our Time
SAMSUNG CSCYou know, the perks of being married adalah adanya seseorang yg bisa diandalkan buat mijet! 😀 Jadi, kalo orang lain sebelum tidur itu pillow talk, kami melakukan pijet talk gantian. Itu juga kalo suami belum tidur, kalo dia tidur duluan ato masih ada hal yg dikerjain, biasanya saya lebih memilih buat baca buku. Some minutes will do. Because after being a mom, reading in solitude is some kind of luxury!

Okay, that’s all the routines!

Ada yg suka galau berlebih karena nyamuk juga gak sih?
Semoga Tuhan selalu melindungi dan memberikan kita kesehatan ❤

Have a good sleep, lovelies...

Have a good sleep, lovelies…

Advertisements

56 thoughts on “7 Langkah untuk Tidur Nyenyak Bebas (Galau) Nyamuk

  1. Ooh, aturannya malah dipasang sebelum tidur dan dilepas sesaat kalau mau tidur ya, Mbak? Saya baru tahu lho, informasi baru ini :hehe. Soalnya saya pasang, terus dilupakan… sampai cairannya habis :hehe. Bahaya, ya… :glek.
    Btw, cara menjadikan foto separuh berwarna separuh BW seperti itu caranya bagaimana, Mbak? :)).

    Like

  2. Saya juga suka nyetrumin nyamuk. Kayak ada insting yang terlampiaskan gitu 😛 Saya pernah tinggal di tempat yang kadang ada tomcat-nya. Dan ternyata galau karena nyamuk itu gak ada apa-apanya dibanding galau karena tomcat hehehe

    Like

  3. Beresin tempat tidur, tuh, bener banget. Nabi Muhammad juga ngajarin untuk tebah kasur sebelum tidur, ya. Menik, nih, lagi seneng numpukin semua bantal sofa di tempat tidurnya hahaaa. repot kalo mau tidur x))

    Like

  4. Syukurlah, akhir-akhir ini jarang nyamuk di kamar saya. Masih keinget dulu, kalau malem lupa masang obat nyamuk elektrik, kalo kedenger suara nyamuk langsung pencet tombol kipas. 😀

    Like

  5. Syukurlah, akhir-akhir ini jarang nyamuk di kamar saya. Masih keinget dulu, kalau malem lupa masang obat nyamuk elektrik, kalo kedenger suara nyamuk langsung pencet tombol kipas. 😀

    Like

Let's share what you think!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s