Perjalanan MPASI dan Baby Led Weaning (BLW) – part 2

Holaho!!! Are you still with me? ๐Ÿ™‚
Beklah… Setelah sebelumnya saya nyeritain perjalanan MPASI si Cemplu, kali ini bakal sedikit banyak menyinggung soal Baby Led Weaning a.k.a. BLW alias Be-El-We. Pertama kali denger istilah ini saya gak gitu peduli. Ya ngeh sih, tapi gak berniat nyari tau lebih banyak, hingga akhirnya ada hal yg bikin saya curious sama metode satu ini.

Apakah GONG-nya itu??
Beberapa hal yg menyebabkan saya cari tahu tentang BLW ini adalah:

  1. I’m an impateint mom,
  2. Cemplu pengennya makan sendiri,
  3. Ibu gak sabar nyuapin + baby yg keukeuh makan sendiri = perang!
  4. Membiarkannya makan sendiri = kapal pecah, dan… beneran kenyang dan higienis gak sih? :\
Sebar semangka~~ This is one of so many :D

Sebar semangka~~ This is one of so many ๐Ÿ˜€

Trus kenapa gak dibiarin aja makan sendiri gitu?
Kalo saya sih, sebenernya bisa-bisa aja ngeliat anak belajar makan ampe berantakan. Tapi ayahnya cuyy, selalu agak protes karena katanya sayang makanan dibuang-buang. Padahal saya juga ngasihnya dikit aja karena tau bakal disebar-sebar. But food is food, katanya sayang kalo dipake kayak gitu, mubadzir. *siapsiapdijitaksuami
Jadilah frekuensi dia dikasih makan sendiri itu dikurangi. But how?? dia maunya makan sendiri โ—

*Di situ kadang saya merasa bingung* ๐Ÿ˜€

Belum lagi terkait poin nomor 4 di atas, saya juga ngerasa gak PD dengan dia makan sendiri. Pikiran mulai dari “kenyang gak sih” sampai “bersih gak sih” selalu hinggap. Gimana engga, pernah saya liat dia makan kentang goreng dengan proses: gigit sedikit..gosok-gosok di lantai/tembok..gigit lagi.. :\

Hal-hal tersebutlah yg pada akhirnya leads me to the book: Baby-Led Weaning by Gill Rapley and Tracey Murkett.
Harapan saya dengan membaca buku ini adalah tak lain agar saya jadi lebih yakin untuk melepas anak makan sendiri.

Jadi, apa itu Baby-Led Weaning?

Saat bayi menjangkau barang dan membawa ke mulutnya secara tepat dan akurat atau menggerogoti mainannya dan membuat gerakan mengunyah merupakan salah satu tanda kesiapan yg sesungguhnya

Saat bayi menjangkau barang dan membawa ke mulutnya secara tepat dan akurat atau menggerogoti mainannya dan membuat gerakan mengunyah merupakan salah satu tanda kesiapan yg sesungguhnya.

Baby-Led Weaning adalah cara /metode yg membiarkan bayi untuk memimpin seluruh proses, menggunakan naluri, dan kemampuan mereka dalam hal menangani makanan. Jadi simpelnya, sejak pertama kali bayi diperkenalkan dengan makanan pendamping di usia 6 bulan, mereka dibiarkan mengeksplorasi makanannya tersebut dan memutuskan sendiri seberapa banyak yg akan ia makan. Tidak ada aktivitas suap-menyuapi oleh orang tua/pengasuh. They eat by themselves. Dan pada beberapa penerapan, makanan bayi pun tidak dilumatkan ato dibikin puree/bubur, dsb. Pertanyaan yg pasti muncul adalah: emang mereka ngerti dan bisa gitu?

Metode BLW ini mengingatkan saya pada buku Bringing Up Bebe yg katanya kunci untuk memiliki anak yg punya good eating habit adalah dengan membiarkan mereka mandiri pada prosesnya. Makan sendiri dan gak ada yg disebut dengan “makanan bayi”. Di situ disebutkan bahwa there is no such baby food. Makanan bayi adalah sama dengan makanan orang dewasa, as long as the parents eat the healthy ones yaa! Hal inilah yg kemudian bikin saya mikir, “ooh mungkin benang merah antara keduanya itu ya ini, anak-anak yg mandiri (salah satunya untuk urusan makan) pada buku Bringing Up Bebe memang sedari kecil diterapkan BLW oleh para orang tua mereka”.

Apalagi salah satu tagline dalam Bringing Up Bebe adalah baby understand everything dan baby will do when they’re ready. Jadi gak ada tuh pertanyaan-pertanyaan meragukan macem yg saya punya buat mereka :mrgreen: Masalah you’re going to do the same or not, itu balik ke pribadi masing-masing dan gak ada paksaan buat melakukan hal yg sama. Mengadaptasi beberapa bagian dalam prosesnya juga boleh, kayak saya. hehehe ๐Ÿ˜€

Hal positif dari pelaksanaan BLW ini di antaranya:

  • melatih koordinasi tangan dan mata, motorik halus;
  • membantu bayi mengenal tekstur makanan;
  • membantu bayi belajar mengunyah yg akan berpengaruh pada kemampuan berbicara;
  • melatih bayi menangani potongan makanan;
  • membiasakan makan secukupnya guna menghindari obsessive eating yg berujung pada obesitas.

Dalam penerapan BLW ini, bayi memiliki jam makan yg sama dengan orang dewasa. Mereka makan di meja yg sama dan bersosialisasi di meja makan layaknya orang dewasa. Konon katanya ini juga sekaligus untuk mengajarkan mereka attitude yg baik di meja makan sedari kecil ๐Ÿ™‚ Pada tingkat advance-nya, bayi/batita akan bisa memilih dan mengambil makanan sendiri, memutuskan lauk yg akan ia makan.

Berantakan? Oh, itu pasti! :lol:

Tapi menurut mereka, semakin dini bayi belajar makan sendiri, maka keadaan berantakan akan cepat berkurang. Kalo hal ini saya alami sendiri. Pada masa awal membiarkan dia, emang duh… berantakan banget dan berasa useless kayak buang-buang makanan doang, makanya kenapa si Ayah ampe protes. Belum lagi proses yg aneh kayak gosok-gosok makanan ke lantai trus dimakan, dibuang disebar-sebar baru dipungutin, itu emang kejadian โ— Tapi seiring berjalannya waktu dan semakin sering ia dibiarkan mengeksplorasi, semakin cepat juga ia mengerti dan tahu apa perlakuan yg seharusnya untuk makanan-makanan itu: yaitu dimasukkin mulut. Kondisi makanan yg kayak kapal pecah pun gak terjadi lagi. Tentu bayi harus belajar kan bagaimana cara meng-handle makanan yg lengket, licin, rapuh, berpotongan besar/kecil, dsb.

Nasi+Tumis Kangkung+Tahu dan Pepaya di usia 15 bulan, gak seberantakan gambar pertama, kan? :D

Nasi+Tumis Kangkung+Tahu dan Pepaya di usia 15 bulan, gak seberantakan gambar pertama, kan? ๐Ÿ˜€

Dalam buku Baby-Led Weaning juga diterangkan bahwa pada usia 6 bulan, bayi belum mengerti bahwa makanan bisa bikin mereka kenyang. They think as simple as, “Ini apa ya, kok lengket/keras/empuk?”, dsb. So, they explore them: diremas-remas, dilempar, disebar, ditumpahkan. Seiring mereka menjelajahi makanan, mereka akan menemukan bahwa makanan itu enak, dan juga “oh, ternyata kalo ini aku makan jadi kenyang ya”. And the next time mereka ketemu makanan, they’ll eat them as they’re supposed to.

Tapi Makannya kok lama bangeett …… ๐Ÿ˜ฆ

Well, di sana juga dibahas mengenai keheranan para orang tua atas lamanya para bayi itu mengunyah bahkan satu suap. Jawabannya adalah dengan bayi mengontrol sendiri seberapa banyak dan lama mereka makan, bagi mereka itu akan lebih menyenangkan ๐Ÿ™‚ Hal itu juga membantu mereka untuk mengenali dan mengukur rasa kenyang. Sebaliknya akan terjadi saat anak disuapi yg dapat mendorong bayi untuk makan lebih cepat daripada yg dapat dilakukannya secara alami sehingga dapat mengganggu “sensasi” yg memberi tahu mereka jika sudah kenyang.

All in all, menurut saya buku Baby-Led Weaning ini sangat menarik. Tidak hanya berisi panduan untuk menerapkan metode ini, tapi juga memberi kita banyak informasi mengenai insting bayi terhadap makanan, seperti tongue thrust (mendorong lidah) sebagai mekanisme aman bagi mereka untuk melindungi diri agar tidak tersedak yg akan mulai hilang di usia empat bulan, juga bahwa refleks tersedak sendiri merupakan bagian penting dalam proses belajar mengelola makanan dengan aman. Dengan membaca buku ini juga saya jadi ngeh kalo makanan itu adalah mainan terbaik untuk melatih perkembangan motorik anak :mrgreen:

Baby-Led Weaning oleh Gill Rapley dan Tracey Murkett

Baby-Led Weaning oleh Gill Rapley dan Tracey Murkett

Selebihnya, ada juga informasi mengenai perbandingan efek yg ditimbulkan jika disuapi dan tidak disuapi, peralatan makan, nutrisi makanan, BLW dan kehidupan keluarga, makanan sehat, aturan dasar keamanan makanan, penggalan kisah-kisah para orang tua yg sukses menerapkannya, dan masih banyak lagi. So fruitful! โญ

Naah,, kesimpulannya, terlepas dari anak anda disuapi ato makan sendiri, menurut saya yg paling penting adalah… happy mommy and happy kids! โค You don’t have to change anything, unless you think that you need to.

Advertisements

47 thoughts on “Perjalanan MPASI dan Baby Led Weaning (BLW) – part 2

  1. nah! ini dia si jali-jali… eh yang ditunggu-tunggu.. ttg be el we ๐Ÿ˜›
    aq heran soalnya wortel, tahu, tempe, buncis, pisang, pepaya dan makanan lainnya itu mesti diremet-remet doang ama dia. tapi kalo benda (entah itu boneka ato maenannya) mesti digigit2. ternyata normal ya.. brarti kalo diremet2, dia mikir “apaan sih ini? kok dipegang kayak gini” gitu ya?

    kemarin pas ngeremet pisang sambil pasang muka penasaran, ku arahkan tangannya ke mulut. ya emang dibuka mulutnya dan di maem.. tapi emang harus dibiasain ya? itu reaksi normal ya? okeh! sayah semangat!!

    oh cemplu kamu kok lucuuukkk โค

    Like

    • Gapapa itu, Mbak…sering-sering aja dikasih, kan ntr dia mulai ngeh mana yg enak dan itu makanan hehe Kan mereka belum ngerti makanan bisa bikin kenyang, makanan musti dimakan..kalo diremet-remet itu kyknya dia masih tertarik sma teksturnya. Jadi banyak dimainin deh ๐Ÿ™‚ So it is all normal~ SEMANGAT MAMI !

      Like

  2. Dulu anakku pernah aku latih blw, Nadia.. pas lagi makan melon potong (he was 7mo), tiba2 “keselek” dan terjadilah 30detik terhorror dalam hidup. Cuma bs jalan mo dar mandir bingung didepan high vhair.. ternyata itu bukan keselek (choking) tapi gaggling alias si bebe lagi memecah2 makanan menjadi potongan2 kecil yang nanti akan dikeluarkan dr mulut… eh beneran lho hehehhe. Abis iti stop blw, mulai lagi baru pas jmur 10bulan. Happy blw, Cemplu! โ™ก

    Like

    • Wooh..saya pasti panik pol itu ๐Ÿ˜ฏ Tapi selama ini aku potong-potong kecil sih klo melon. Pernah duku yg bijinya agak gede kayak gt juga udah ampe nyesel tp besoknya, dia jd gak lgsg dimakan, tapi digigit dagingnya. Mungkin dia belajar ๐Ÿ˜€
      Tapi BLW memang hrs diawasi bgt jgn ampe dia keselek br ngeh ๐Ÿ˜ฆ

      Liked by 1 person

  3. Pingback: Asal Anak Kenyang! Really? | SAZQUEEN

  4. BLW memang menyenangkan, seru dan menakjubkan.

    Untuk bunda yang kesulitan mendapat buku BLW edisi Bahasa Indonesia,
    ready stock cetakan terbaru, cetakan ketiga, Mei 2015
    buku BLW Gill Rapley & Tracey Murkett

    hubungi wa/sms 08788 4528 108
    Happy BLW ๐Ÿ™‚

    Like

  5. Mau nanya dong nadia, anakku masuk 5mon tgl 1 July. Tertarik banget dengan BLW. pertanyaanya saat usia 6 bulan apakah langsung diberikan MPASI berupa buah (pisang, pepaya, jeruk, apel) sayuran (wortel, brokoli, dll) prosesnya harus di buat lunak dulu ya atau memang seperti apa adanya aja ya.. mohon info nyaa.. makasi nadia..

    Like

      • Momnad, berarti anakku masih keburu ya belajar blw? Sekarang usia dia 13m, udah denger sih tentang blw dari sebelum anakku mpasi, cuma gak dipelajari, jd ya pas anakku mpasi ya lewat aja gitu.. Pas baca bahwa blw berpengaruh pada kemampuan berbicara, DEB banget ke ulu hati, anakku baru bisa bilang “mamam, papap, baba” aja usia 13m, hiks… mungkin karna aku kelamaan juga ngasih dia bubur halus/saring, dan sekarang nasi utuh pun belum bisa, masih 50-50 teksturnya…

        Share dong, momnad, awal blw ini aku harus ngasih apa dulu sama dia untuk menu nya? Secara udah 13m kebutuhan gizi nya mesti tercukupi juga, kalo masih 6m sih masih bisa menu tunggal, ya… kalo dah 13m udah harus menu 4 bintang dan porsi pun agak banyak…. plis, pelisss… help… aku galau ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ

        Minta kontak WA atau pin bb nya dong, momnad… sepertinya aku harus berguru padamuwh….

        Like

      • Halo mbak, menurut saya sih ga usah panik. Tenangg… baik untuk memulai BLW, tapi gak perlu memaksakan juga. Dibawa santai aja. Kalo saya sih pada prinsipnya yg penting anak mau makan, dan sedikit demi sedikit dilatih agar bisa makan secara mandiri. Jujur, selama ini ga pernah kepikiran sih hubungan kemampuan bicara anak sama cara makan dia, hehe. Saran saya, untuk melatih anak agar cepat bisa bicara sih mending sering-sering diajak ngobrol aja, saya sih gitu. Tapi gak lantas expect hasil langsung…setiap anak punya kesiapannya masing-masing. Goodluck ya mbak! Kalo perlu menghubungi secara personal boleh banget! Kontak saya di line aja ya: Nadcissism. Nice to know you, mbak…maaf ya baru balas ๐Ÿ™‚

        Like

  6. Salam kenal mbak.. Dr awal anakku makan emg disuapin soalnya biar cepet,ini berlaku untuk makanan utama,klo biskuit ato buah biar dipegang sendiri.. Nah sekarang ini,eng ing eng,dese ga mw disuapin lagi,makannya aduuh berserakan,kan dy dah 19 bulan sekarang,jadi yg bikin khawatir y itu,kenyang ga seh? Secara yg berserakan lebih banyak dr yg masuk..

    Like

    • Halo, salam kenal juga Mama Yoan ๐Ÿ™‚
      Wah galaunya kita sama nih, kalau dia mainan makanannya itu sambil disuapin gak mau juga ya?
      Saya sih pada akhirnya mengasumsikan kenyang aja, soalnya dia gak nampak kayak yg lapar. Tetep aktif dan ceria, tidurpun nyenyak. Cuma alternatifnya ya saya kasih jus 2x sehari (karena dia doyan). Soal makan besar, saya serahkan ke dia aja deh. Habisnya disuapin tetep gamau, mau gimana lagi ๐Ÿ˜€ Yang saya pernah denger sih porsi ideal anak itu setangkup telapak tangannya, jadi asal dia mainin tapi ada yg masuk sih ga masalah kayaknya, Mbak hehe

      Like

  7. hi Mba nadia, salam kenal.. mau tanya kalau blw kan makanannya banyak yang jatuh2 di meja, kalau anaknya ambil makan lagi gpp atau harus kt arahkan ambil yang masih bersih.. lalu kl masih 6-7 bulan kan masih belum bisa pegang sendok, jadi awal2 paling kasih buah atau sayur ya mba? mulai makan nasi kira2 umur brp?
    makasih sebelumnya =)

    Like

    • Kalo saya pribadi sih mulai BLW pas anak usia 1 tahun, jd dia mulai bisa pake sendok. Tapi ya tetep aja berantakan dan lebih banyak barehands.

      Menurut yg saya baca, pas anak makan itu kita sbagai ortu sbaiknya ga trlalu banyak “ikut campur”,misal dia ambil makanan yg jatuh ya gapapa. Kalo banyak diatur takutnya jd bingung dan ga enjoy dianya. Paling antisipasi aja meja dan skitarnya pake plastik biar kalo jatuh ga kotor2 amat hehehe
      Ngarahin buat ambil makanan yg bersih dsb memang bagus, tp kyknya lebih pas kalo dia udh mulai ngerti dan agak gedean kali ya. Tapi itu bebas sih, senyamannya mbak aja ๐Ÿ™‚
      Anakku mulai makan nasi pas 1 tahun, tp itu krna dia sndiri yg lepeh2 bubur. Pas dikasi nasi dmakan jd yaudah. Kalo belum siap jgn dpaksain jg.

      Like

  8. Salam kenal mbk nadia.. Mbak aq udh mulai nyoba nerapin blw dr baby ku 6bln.. Baby mbk nadia prnh nggak gamau makan?? Dan lbh milih utk disuap?? Jd gamau pegang makanannya sendiri ๐Ÿ˜ฆ klo pegang langsung dilempar.. Tp tiap saya yg pegang makanannya dia lgs deketin mulutnya minta disuap..

    Like

  9. Hai mba Nadia, salam kenal. We have same name ๐Ÿ™‚

    Aku baru mau coba metode ini nih mbak. Mirip sama anak mba, waktu aku suapin mpasi nya, kita malah rebutan sendok. Halah.

    Mau tanya mbak, lha pas awal-awal itu biasanya enggak akan dimakan semua kan? Perkembangan berat badannya gimana mbak? Apa tetep dicampur suapin pure?

    Like

    • Halo mbak nadia! ๐Ÿ™‚ dia kalo kenyang brenti sendiri kok, lagian masih nyusu jg kan jd ga pernah saya paksa abisin sih. Perkembangan berat badan anakku normal2 aja.. dan kalo saya sih masih disuapin. Cuma kalo dia mau sendiri, saya kasi. Intinya sih ngikut dia maunya apa. Gak saya paksain^^

      Like

  10. Hai mbak nad, thanks tulisannya bikin semangat :D.
    sy jg baru mau menerapkan blw di usianya yg hampir 1 tahun. Alasannya sama, anak sudah bosan makan bubur, maunya nasi yg kita makan :D. Tp sy masih bingung, dia klo disodorin piring isinya disapu semua pake tangan, baru dimakan yg dari lantai, yg berkuah habis tumpah, kalo nasi dijumput satu satu, duh.. Akhirnya tetap sy suapin terus jadi bingung kapan mulai full blw, hahah.. Mbak, anaknya mulai agak rapi makannya di usia brp? Ngasi batasan waktu makan jg gak? Misal 30 menit habis ga habis, selesai acara makannya

    Like

    • Samaa…aku sampe mikir masa mesti disebar di lantai nasinya nih biar dpungutin๐Ÿ˜… tp gpp sih, saya jg dcampur aja dsuapin sma dia makan sndiri. Sbenernya lbh ke maunya dia aja, makan sndiri oke, lg pngn dsuapin pun hayu. Makin sring dia makan sndiri emg lbh cepet rapi makannya sih emang. Bisa makan rapi 1.5 taun kali ya. Itu makan sayur udh g tumpah2 kuahnya. Tp ga perlu dtarget usia jg sih..
      Dan kalo makanpun ga dbates waktunya, dtunggu ampe dia bnr2 emg udh gmau. Kan kliatan tu bedanya yg udh kenyang ama belum..

      Like

  11. Pingback: Cara Andien Melatih Makan ke Kawa Dipermasalahkan. Sebenarnya, Metode BLW itu Apa, Sih? – AHYAD.GA

  12. Pingback: Cara Andien Melatih Makan ke Kawa Dipermasalahkan. Sebenarnya, Metode BLW itu Apa, Sih? – zaki

  13. Pingback: Cara Andien Melatih Makan ke Kawa Dipermasalahkan. Sebenarnya, Metode BLW itu Apa, Sih? - UP Station

  14. Pingback: Cara Andien Melatih Makan ke Kawa Dipermasalahkan. Sebenarnya, Metode BLW itu Apa, Sih? – BUZZID

Let's share what you think!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s