Menyusui di Bulan Ramadhan: No Worries!

Ramadhan tinggal sisa sedikit lagi ❗ Feeling any better? HEHE.

Kali ini adalah ramadhan kedua saya dalam masa menyusui. Akhir tahun ini anak genap berusia 2 tahun dan kalo ada umur panjang, ramadhan yg akan datang bisa jadi dia udah masuk masa penyapihan. Jadi, gimana nih kesan-kesannya menyusui sambil shaum?

Buat saya pribadi, shaum sambil menyusui itu way better daripada shaum saat hamil dulu. Pas hamil tahun 2013 itu, saya bener-bener gak kuat puasa. Lapernya bikin kleyengan~ 😦 Adapun bisa tamat di hari itu, pas jam buka puasa atau sahur dipastikan saya muntah-muntah. Makanya, shaum yg awalnya tiap hari jadi molor selang-seling dan akhirnya gak kuat puasa lagi. Berbeda dengan tahun lalu di mana saya mulai shaum dalam keadaan menyusui. Awalnya agak deg-degan juga sebenernya, bakalan kuat gak yaaa πŸ™„ Secara saat itu anak berusia 6 bulan di mana asupan ASI masih jadi konsumsi pokoknya.

Setelah dicoba, bisa dibilang gak ada masalah sama sekali. Kalopun ada kendala alhamdulillah cuma lapar dan haus yg biasa aja, gak nyampe berkunang-kunang kayak pas lagi hamil. Anakpun rasanya tidak terpengaruh dengan kondisi ibunya yg sedang shaum. Dan ajaibnya, ASIP yg saya hasilkan saat itu lebih banyak daripada bulan-bulan sebelumnya, bahkan bulan-bulan setelahnya. Jadi, dapat disimpulkan dari pengalaman saya kemarin bahwa penurunan jumlah ASI ato anak mencret-mencret karena ibunya shaum itu buat saya sih mitos belaka.

Trus ada tips-tips khusus gak sih shaum sambil menyusui gitu?

Sejujurnya, gak ada! :mrgreen: Dulu sempet kepikiran buat makan dan minum lebih banyak dengan jenis yg lebih beragam pula di waktu sahur dan buka, ato dalam sehari kita tetep makan besar 3x. Tapi apa daya, kapasitas perut saya ya segini adanya. Pun mau makan kedua selepas sholat isya pun rasanya gak sanggup karena kalo udah nyusuin, yasudalah jadinya ikut ketiduran sama anak πŸ˜† Pada akhirnya, saya minum dan makan dalam porsi normal dan cukup, namun tetep sebisa mungkin dibuat beragam. Beragam ini maksudnya dibuat seimbang antara makanan pokok nasi+lauk pauk sayur dan protein, juga diusahakan buat tetep ngemil buah dan minum susu. Pas awal-awal juga selalu sedia kurma yg konon juga dapat memperlancar ASI.

Tentang pola makan ini saya jadi inget pas Senin lalu diajakin ifthar bersama oleh Bio Oil di Locanda Italian Resto, Jakarta. Acara yg diisi talkshow bertema “Happy Skin, Happier Life” ini cukup banyak membahas tentang menjaga nutrisi seimbang di bulan ramadhan. Mulai dari nutrisi untuk badan melalui pola makan gizi seimbang, juga pentingnya Me Time berupa perawatan kulit supaya badan dan pikiran tetap segar.

Salah satu narasumber pada talkshow ini, dr. Stella E Bella, M.Gizi, SpGK menjelaskan segala hal tentang nutrisi seimbang, seperti panduan konsumsi sehari-hari, jumlah kebutuhan kalori, hingga 3-J sebagai kunci pola makan seimbang.

3-J

JENIS
A Plate of Balanced Diet

A Plate of Balanced Diet

JUMLAH
Angka Kebutuhan Kalori

Angka Kebutuhan Kalori

JADWAL
Jadwal Makan Ideal

Jadwal Makan Ideal

Penerapan 3-J ini penting saya rasa penting banget buat diaplikasikan, terutama oleh busui yg menjalankan shaum. Karena bagaimanapun, dengan kondisi makan dan minum yg terbatas, busui harus bisa menjaga vitalitas dan terhindar dari dehidrasi.

Tau sendiri kan kalo dehidrasi efeknya itu gak lucu banget, ya badan lemes, pikiran gak fokus, juga kulit yg menjadi kering :\ Oleh karena itu, dr. Stella menyarankan jadwal makan di bulan ramadhan ini sebagaimana pada gambar berikut:

Jadwal Makan di Bulan Ramadhan

Jadwal Makan di Bulan Ramadhan

Soal dehidrasi dan kulit kering tadi, dr. Stella mengingatkan kita untuk minum minimal 8 gelas sehari dan perawatan kulit eksternal semacem pake pelembab secara rutin sehabis mandi.

Bio Oil

Bio Oil

Untuk perawatan kulit, sejak Bio Oil masuk ke Indonesia, saya lebih prefer pake minyak asal Afrika Selatan itu daripada body lotion. Karena saya orangnya malesan, jadi rasanya lebih ringkes aja pake dry oil. Lebih ringkes karena selain bisa buat menjaga kelembaban kulit, bisaΒ juga buat menyamarkan bekas luka dan stretch marks kenang-kenangan hamil dulu πŸ˜€ Beda dengan minyak lainnya, Bio Oil ini mengandung PurCellin Oil yg bikin dia lebih cepat meresap di kulit dan gak lengket. Karena itulah Bio Oil ini juga dikenal dengan dry oil.

Another good news, menurut Mbak Nurhayatini selaku Product Manager, bahwa Bio Oil ini bisa buat menyamarkan bekas jerawat juga lho! Tapi inget ya, bekas jerawat, bukan jerawatnya. Karena kalo masih jerawat, dia itungannya belum jadi ‘bekas luka’. All in one banget gak siiiih 😎

Jadi, selama gak ada kendala yg berarti, jangan takut buat shaum meskipun masih menyusui ya πŸ˜‰

Advertisements

29 thoughts on “Menyusui di Bulan Ramadhan: No Worries!

  1. Nad bio oil ini lg happening ya di Indo? Kyknya di mana2 lagi rame. Klo di sini dah lama, aku pun pake sejak trimester ke2 utk mencegah strech mark. Winter begini aku dan suami juga ngetes jadiin moisturiser muka. Mo liat keampuhannya memerangi kesadisan udara dan angin musim ini hihihihu

    Like

  2. Aku pernah denger, entah ajaran siapa… Buat ibu menyusui kalau ga kuat puasa terus menerus (mungkin kuat, tapi takut produksi ASI menurun/tidak keluar) bisa mencoba puasa selang 2×1, dua hari puasa, seharinya tidak puasa

    Like

    • Betul, boleh..dan ada aturan qadha-nya juga πŸ™‚ Dan aturan qadha utk bumil/busui yg tidak puasa karena memang tidak kuat dengan karena hal lain di luar itu padahal mampu (mis. Takut asi menurun, takut bayi tidak mendapat nutrisi) itu berbeda.

      Like

  3. Nad, sebenarnya Ibu hamil dan menyusui itu diperbolehkan untuk tidak puasa kan. Karena calon bayi diperut juga punya hak untuk mendapatkan asupan gizi yang cukup sepanjang hari. Meskipun Ibu merasa kuat tapi bukankah lebih baik dipikirkan untuk bayinya juga.

    Like

  4. Btw Nad. Menyusui waktu hamil memang ga ada kendala ya seharusnya? Selama asupan gizinya seimbang ya. Gw pernah baca juga begitu. Tugas suami lah untuk bisa terus memotivasi istrinya ya Nad. Bikin bahagia biar asi lancar. Hehehe.

    Like

Let's share what you think!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s