Cathy’s Baby Shower tentang Pentingnya Langkah Pertama

Ngomongin soal tumbuh kembang anak memang selalu seru, karena mereka magical ⭐ Saya sendiri tipe orang tua yg cukup santai soal perkembangan anak ini. Santai dalam arti percaya bahwa anak akan mampu saat ia siap. Cuma sesantai-santainya, saya masih rajin ngunduh KPSP (Kuesioner Pra Skrining Perkembangan) dan ngetes satu-satu poinnya sama cemplu dong. Dan Alhamdulillah selama ini selalu dapet nilai 10 🙂

Pokoknya patokan saya KPSP deh, kalo bandingin sama anak lain pastinya akan subjektif ya. Tiap anak kan beda-beda, ada yg memang dari sananya gifted cepet bisa ina-itu, ada yg biasa-biasa aja, ada juga yg memang lambat. Bagaimanapun itu, yg terpenting adalah sebisa mungkin orang tua selalu tanggap dalam memberikan stimulasi dan nurture yg tepat supaya anak dapat berkembang dengan normal sesuai usianya. Apalagi perkembangan anak kan gak cuma motorik aja, ada juga kognitif, sosial emosional, dsb. Jadi penting banget buat memberi mereka rangsangan yg spesifik sesuai kemampuan pada usianya. Misalnya melengkapi waktu bermain anak dengan mainan yg tidak hanya sekedar main, tetapi “Lebih dari Main!”, seperti Fisher Price® dengan Play IQ-nya. Karena mainan yg kurang sesuai dengan usia anak tidak hanya berbahaya bagi fisiknya, tetapi juga psikisnya. Play IQ memadukan aktivitas bermain anak dengan tumbuh kembangnya.

Informasi lain soal tumbuh kembang anak ini saya dapetin pas tanggal 29 Agustus 2015 kemarin diajak oleh Mommies Daily ke Cathy Sharon’s Baby Shower. Acara ini didukung penuh oleh Fisher Price® mengingat Cathy dan Jacob, anak sulungnya, sebagai Brand Ambassador mereka. Nah, karena menurut pemeriksaan dokter anak keduanya kali ini perempuan, jadi tema baby shower saat itu adalah shabby chic dengan dress code putih bernuansa pastel. Ciamik ❤

Cathy Sharon as Fisher Price Brand Ambassador

Cathy Sharon as Fisher Price Brand Ambassador

Dekorasi Beranda Kitchen, venue acara saat itu, cantik banget dengan adanya balon-balon, photo booth, dan pretty snacks sesuai tema. Gak ketinggalan, ada juga playground yg isinya banyak mainan anak dari Fisher Price®. Toys everywhere~ Cemplu senang!

Sharing tentang langkah pertama pada setiap tumbuh kembang anak hari itu juga dihadiri oleh Psikolog Anak dan Keluarga, yaitu Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psi. Di situ dibahas tuh serba-serbi perkembangan anak, terutama soal kemampuan berjalan anak.

Berjalan adalah salah satu tonggak penting dalam perkembangan anak, khususnya untuk perkembangan motoriknya. ~Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psi.

Bener banget, kan? Kemampuan berjalan merupakan gerbang awal eksplorasi anak yg lebih luas. Saat anak mulai berjalan, ia dapat membawa dirinya ke tempat-tempat baru dan mempelajari hal-hal yg menarik baginya. Makanya, gak aneh juga kalo orang tua sangat menunggu-nunggu langkah pertama anak-anak mereka. Seperti Cathy yg mengamini bahwa kemampuan berjalan ini memerlukan waktu dan kesabaran dari orang tua agar tidak membuatnya tergesa-gesa.

Fisher Price Musical Lion Walker untuk Langkah Pertama

Menurut Cathy, saat dulu Jacob mulai mampu membuat langkah pertama tanpa berpegangan pada apapun, ia melengkapinya dengan Musical Lion Walker dari Fisher Price®. Karena proses anak untuk bisa berjalan itu cukup panjang (stepping-rambatan-jalan), maka mainan yg dapat didorong dan ditarik ini membantu anak dalam memantapkan langkahnya. Oya, Musical Lion Walker ini gak hanya untuk anak yg sudah siap berjalan lho! Karena dilengkapi dengan lampu yg dapat menyala, musik-musik yg menarik, dan delapan aktivitas lainnya, Musical Lion Walker juga dapat dimainkan oleh anak sebelum bisa berjalan.

Musical Lion Walker. Courtesy by Fisher Price®

Musical Lion Walker. Courtesy by Fisher Price®

Musical Lion Walker-Fisher Price

Musical Lion Walker-Fisher Price

Terus, ada bedanya gak sih perkembangan motorik pada anak perempuan dan laki-laki?

Banyak orang yg berpikir bahwa perkembangan kemampuan bahasa (verbal) dan motorik pada anak perempuan dan laki-laki itu berbeda. Karena penasaran soal ini, saya tanyain deh pas acara baby shower itu ke Mbak Vera.

Menurutnya, untuk membuktikan pernyataan tersebut masih perlu penelitian lebih lanjut. Pada dasarnya, kemampuan verbal lebih banyak diatur oleh otak kiri di mana anak perempuan memang biasanya lebih dominan. Dalam hal ini, corpus atau jembatan yg menghubungkan otak kanan dan kiri pada anak perempuan lebih cepat menebal. Sehingga seringkali mereka lebih cepat perkembangan verbalnya. Sedangkan anak laki-laki yg dominan otak kanannya akan lebih cepat menguasai kemampuan motoriknya. Namun tetap saja hal ini belum terbukti 100% dan tergantung pada stimulasi yg diberikan.

Nah, saya sendiri ngeliat perkembangannya cemplu sih meskipun dia perempuan, tapi perkembangan motoriknya lebih dulu daripada perkembangan verbalnya. Dia lancar berjalan di umur 10 bulan dan di usia 21 bulannya ini kemampuan bicaranya masih kata per kata. Mungkin selama ini stimulus yg lebih sering dia dapatkan lebih banyak ke motoriknya ya 😀

Anyway, keseruan Cathy Sharon’s Baby Shower ini bisa ditonton di Acara Modern Moms Trans 7 lho! Jangan lupa nontonnya yak, hari Minggu tanggal 20 September 2015 pukul 08.00 WIB 😎

Kampanye #LangkahPertama Fisher Price

Apa sih Kampanye #LangkahPertama by Fisher Price® itu?

Apa sih Kampanye #LangkahPertama by Fisher Price® itu?

Biasanya kalo ngomongin soal perkembangan anak ini gak lepas dari dokumentasi. Wajar dong ya, setiap pencapaian pertama anak kan merupakan bentuk kesuksesan tahap tumbuh kembangnya. Semua orang tua pasti deh punya foto-foto ato bahkan video tiap tahap perkembangan anak. Secara gitu momen langka sekali seumur hidup! Children are young once, aren’t they?? 😉 Mulai dari bisa melek, bisa senyum, ampe lari-lari semuanya tersimpan aman di memory card ponsel, kamera, bahkan banyak juga yg udah ditransfer ke desktop karena saking banyaknya 😆 Fisher Price® dalam Kampanye #LangkahPertama ini mengajak para ibu untuk merayakan pencapaian pertama si kecil yg penuh kebahagiaan dengan membaginya dengan Fisher Price®. Caranya?? Niiihhhh… 😀

  1. Masuk ke http://www.fisherpricelangkahpertama.com , lalu klik “Mulai”;
  2. Lengkapi data diri pada formulir registrasi;
  3. Upload 5 foto momen-momen tumbuh kembang si kecil;
  4. Tunggu video si kecil pada halaman “Galeri” Langkah Pertama;
  5. Dapatkan vote sebanyak-banyaknya pada video si kecil untuk memenangkan hadiah eksklusif dari Fisher Price®.

Mau tahu gimana pengalaman Cathy Sharon dalam merayakan langkah pertamanya Jacob? Simak video berikut yaa!

Heartwarming banget gak, sih? Dan yg pasti, setuju dong sama Cathy soal pentingnya langkah pertama ini? Yuk ikutan! 😉 Kampanye ini berlangsung dari tanggal 15 September s.d. 31 Oktober 2015.

More about Fisher Price®:

*this post is sponsored by Fisher Price® and Mommies Daily*

Advertisements

18 thoughts on “Cathy’s Baby Shower tentang Pentingnya Langkah Pertama

  1. Mbak Nadia udah penah nulis tentang anak indigo belum? Aku belum kepo ke postingan lama sih, hehe. Beberapa hari yang lalu aku sama temen-temen kampus lagi ngobrolin itu. Tapi kami sama-sama nggak punya kesimpulan apa penyebab ilmiah maupun ‘kegaiban’ yang terjadi pada anak dengan kemampuan kayak gitu. Nah, aku jadi penasaran. Mungkin aja mbak tau ilmunya dan bisa share. 🙂

    Like

    • Tentang anak indigo sering denger dan liat acara tv yg bahas, cuma pengetahuanku soal itu masin terbatas banget haha Jadi belom pernah nulis itu. Mungkin d web ada jurnal anak2 psikologi yg bahas ttg itu. Mungkin kalo lain kali saya ketemu mbak vera ato psikolog anak lain bisa saya tanya dan tulis di dini 🙂 sekar mahasiswi psikologi?

      Liked by 1 person

      • wah iyaa semoga bisa ketemu mbak vera ya, hihi. Saya mahasiswi pertanian, tapi suka belajar tentang psikologi. Soalnya beberapa kali menemukan kasus yang penanganannya bukan sama dokter, bukan masalah fisik. Tapi psikis. Dan saya pikir itu lebih ngeri dari sakit fisik yang kelihatan dan sembuhnya bisa diprediksi.

        Like

Let's share what you think!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s