Mencari Keheningan melalui Warna

Women need real moments of solitude and self reflection to balance out how much of ourselves we give away. -Barbara de Angelis

How often do you put yourself in solitude? Is it easy?
Kadang saya sering merasa sekarang ini rasanya sulit banget ya untuk menemukan sebuah keheningan. Things get so noisy. Jaman dulu rasanya bisa banget kalo gak ada kerjaan trus rebahan di kamar, merem sambil nyetel MP3. Pikiran otomatis logging off. Banjirnya informasi ditambah adiksi terhadap sosmed di era digital ini bikin keheningan itu semacam kemewahan, setidaknya buat saya. Nganggur dikit buka path, udah abis pindah twitter, udah abis juga tapi waktunya masih panjang, buka reader blog, dan kalo ditambah liat-liat IG gak dipungkiri malah muncul masalah baru: the unnecessary shopping! ๐Ÿ˜€ Pun sebenernya untuk nemu waktu nganggurnya itu sendiri gak gampang sih. So it makes solitude more and more out of reach.

Di tengah hiruk pikuk itu kemudian muncul sebuah tren baru, yaitu colouring for adults.
Sebuah cross cultural trend yang membuat aktivitas mewarnai sebagai sebuah art therapy yg bisa diterima oleh sebagian besar kaum urban. Impact dari tren baru ini pun bener-bener beyond expectation, bahkan untuk perusahaan penyedia alat mewarnai sekelas Faber Castell.ย Hal yg sedikit lucu pun disampaikan oleh Product Manager Faber Castell, Yandriman Halim, di sela-sela peluncuran Colouring for Relaxation Set pekan kemarin (31/10).

Para Narasumber

Para Narasumber

Beliau menyatakan bahwa pihak Faber Castell awalnya kaget saat mendapat kabar bahwa Polychromos, pensil warna paling premium dari Faber Castell, laku keras di pasaran. Selama ini, mengingat Polychromos ini dari segi harga termahal dibanding yg lain, penjualannya tidak pernah sefantastis itu. Setelah dilakukan riset penjualan barulah diketahui adanya fakta menarik mengenai kebaikan mewarnai bagi orang dewasa.

Dari tren tersebutlah pada akhirnya, sebagai bentuk apresiasi dari perusahaan penyedia alat warna terbesar di dunia, Faber Castell meluncurkan “Colouring for Relaxation” Set yg dijual satu paket dengan Connecting Pen Faber Castell.

Visi dari peluncuran Colouring for Relaxation Set ini di antaranya sebagai media untuk menciptakan momen kebersamaan dalam mengisi quality time bersama orang-orang tersayang. Hal ini pun diamini oleh Dian Vita dari Komunitas Tabrak Warna (@tabrak_warna) bahwa berdasarkan pengalamannya, aktivitas mewarnai dapat menciptakan suasana yg hangat untuk saling berbincang apabila dilakukan secara bersama-sama. Manfaat tsb terasa saat ia dan anaknya mulai sering menghabiskan waktu bersama melalui mewarnai ini. Ia merasa keakraban lebih terjalin dan anaknya tidak lagi “ogah-ogahan” saat diajak berbicara. Biasa kan ya kadang anak kalo diajak ngobrol ortunya suka jawab sekenanya, apalagi kalo ditanya soal sekolah ๐Ÿ˜› Tapi kini malah sering anaknya sendirilah yg memulai bercerita dan membuka topik pembicaraan.

Adanya fakta menarik tentang mewarnai sebagai art therapy ini bisa dibilang kabar baik ya. Selain bisa menikmati kembali keasyikan masa kecil dulu, juga kita bisa mendapatkan kebaikan-kebaikan dari mewarnai, seperti menemukan keheningan untuk mengistirahatkan pikiran dari digital craze yg gak ada habisnya. Apalagi kalo mewaranai sebagai me time ini kemudian bisa jadi momentum quality time keluarga ๐Ÿ™‚

Penyerahan kenang-kenangan dari PT Faber Castell International Indonesia kepada Komunitas Tabrak Warna (ki-ka: Yandriman Halim - Dian Vita)

Penyerahan simbolisย dari PT Faber Castell International Indonesia kepada Komunitas Tabrak Warna (ki-ka: Yandriman Halim – Dian Vita)

Sebelum acara soft launch Colouring for Relaxation Set kemarin ditutup, para undangan diberi kesempatan untuk mencoba langsung mewarnai pada Colouring for Relaxation lengkap pake Connector Pen. Dan kabar baiknya, Colouring for Relaxation Set-nya boleh dibawa pulaaang!! uuuyeey~ โค

Tenggelam dalam Lautan Warna~

Tenggelam dalam Lautan Warna~

Colouring for Relaxation Gift Set

Colouring for Relaxation Gift Set

Oya, 1-2 minggu lagi, Gift Set Colouring for Relaxation ini bakal segera tersedia di pasaranloh. Bisa jadi alternatif kado akhir tahun buat sahabat ato kerabat tersayang kaan? ๐Ÿ˜‰

Dari acara kemarin, saya juga jadi tahu loh apa yg membedakan kualitas pensil warna. Jadi, pensil warna yg berkualitas itu memiliki tingkat ketahanan terhadap cahaya (light-fastness) hingga 100 tahun! Bukan hanya karena diproduksi menggunakan pigmen terbaik, tapi juga persen penggunaan pigmennya juga tinggi. Kualitas pensil warna bisa dibedakan melalui tingkatan tanda bintang (***) yg tertera pada produk, yaitu:

  • Satu Bintang (*) = limited light-fastness, warna dapat pudar setelah 10 tahun.
  • Dua Bintang (**) = high light-fastness, warna dapat pudar setelah puluhan tahun (sekitar 50 tahun) atau di bawah sinar matahari yg cukup berat.
  • Tiga Bintang (***) = maximum light-fastness, warna tidak pudar di bawah sinar matahari hingga 100 tahun.

Wooh…mind blowing banget gak siiiih ๐Ÿ˜Ž

Anyway, ada yg suka mewarnai kah di sini? Udah abis berapa buku tuh? ๐Ÿ˜€

Advertisements

38 thoughts on “Mencari Keheningan melalui Warna

  1. aku suka mewarnai sama anaknya temenku di kantor. sementara temenku kerja, aku nemenin anaknya sambil mewarnai. bener banget tuh Nad ulasan di atas, dgn mewarnai bersama bisa tercipta keakraban. biarpun aku bukan gurunya si anak ini, tapi kami jadi akrab. sambil mewarnai bisa sambil bercerita dan bermain juga. permainannya “memilih pensil warna.” seru banget ya rupanya mewarnai bersama anak-anak.

    Like

  2. Hmm… memang lagi trend banget yah soalnya aktivitas ini kan butuh konsentrasi dan itu mungkin membuat pikiran tidak melayang ke yang lain-lain sehingga jauh dari stres ya Mbak :hehe. Seru banget sih kalau bisa dibawa pulang :aaak *maunya gratisan doang*. Tapi sayang saya kurang bakat di kegiatan seperti ini jadi kalau dicoba, biasanya saya malah makin frustrasi :haha.

    Like

  3. kayaknya ada seseorang yang saya pernah lihat di foto lagi asik mewarnai.

    Ini ya jangan2 yang dibeli sama si dia juga untuk mewarnai. Pernah dikirim foto merak gitu. kayaknya saya sih gak cocok ini deh Nad. Bisa pusing dan mikir terus itu. Itu warnanya keluar garis. itu harusnya warnanya jangan merah kuning ijo tapi biru kuning oranje. au dahh kalau dah gitu.

    Like

  4. kak kira kira harga polychrom 2016 ini udah turun belom yah /ini ngarep

    kalo ada pengen yang eceran malah kalo ada /nangis guling guling

    oh iya sama soft pastelnya juga ๐Ÿ˜ข

    Like

Let's share what you think!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s