Brunch Heboh ala CNN Indonesia

Berhubung kemarin sore mbake mau pulang liburan akhir tahun, maka hari itu saya mesti nyelesein urusan perduniawian. It takes 3 places to visit today: kantor, kantor orang, dan kampus. And there I was at the second stop, yaitu di CNN Indonesia Newsroom alias kantor orang 😀 So, let’s see what brought me here 😉

1449733870715-1.jpg

It’s #brunchatNewsroom with CNN editor in chief 🙂

Di brunch pagi itu, acara dibagi jadi 3 sesi. Sesi pertama dimulai dengan sejarah CNN Indonesia oleh Bapak Yusuf Arifin a.k.a. Dalipin selaku Editor in Chief. Beliau menjelaskan hadirnya CNN sebagai alternatif untuk memberikan pendekatan berbeda dalam delivering news. Media online pertama di Indonesia adalah Republika. Detik, dengan gaya baru dalam penyajian berita, merupakan media online yg paling diikuti di tahun 1997 lalu. Gaya baru tersebut adalah penyampaian berita dalam satu rangkaian, tidak satu berita yang lengkap. CNN Indonesia mencoba untuk mendobrak kemapanan yg ada pada kondisi tersebut untuk keseragaman bentuk media online di Indonesia. Konsep yg ditawarkan oleh CNN Indonesia adalah media yg menjembatani berita ke seluruh lapisan masyarakat.

1449733271222

Pak Dalipin

Jargon CNN: QuickAccurateImpartialThorough

Wartawan yg ada di CNNIndonesia.com adalah multi-platform journalists. Hal tersebut didorong oleh pemikiran bahwa wartawan sebaiknya menguasai hal lain selain menulis, seperti mengambil gambar, membuat infografis, membuat laporan berupa video, dsb. Bedanya multi-platform journalists dengan blogger adalah lingkup tanggung jawab dan sudut pandang yang diambil. Dalam hal ini, blogger bersifat lebih personal dalam memberikan opini. Di lingkup profesional, ada hal-hal lain yg harus diperhatikan dalam penyampaian sebuah issue.

CNN Indonesia memiliki trade mark “fokus”, di mana sebagai sebuah kanal berita ia memiliki konsep one page, one stop, one news yg lengkap, padat, dan menarik. Setiap hari berita yg ditampilkan sudah berisi analisis, infografis, foto, dan video. Lapisan penyampaian berita di CNN Indonesia terdiri dari News Developer, Writer, Editor, dan Editor in Chief.

Sebelum masuk ke obrolan kedua, peserta diajak buat live blogging dengan tema “Dear Mom“. Setiap peserta di live blogging ini dikasih waktu 30 menit buat nulis perasaan mereka terhadap ibu masing-masing langsung di kanal CNN Student. Di akhir acara, baru deh dipilih tiga pemenang live blogging Dear Mom ini, which are

20151210_121049.jpg

Selamaaat!! 😀

Ngomong-ngomong soal CNN Student, apa sih itu?

1449733344564

Mbak Ainun Chomsun

Di sesi ketiga ini, kita ngobrol bareng soal CNN Student bareng Mbak Ainun Chomsun. CNN Student merupakan CSR CNN Indonesia yg menghasilkan konten positif bermuatan nilai pendidikan. Setiap orang bisa menjadi kontributor di CNN Student ini. Pembuatan CSR ini dilatarbelakangi dengan mudahnya akses digital bagi anak di jaman sekarang dan mulai berkurangnya minat literasi pada anak-anak. CNN Student mengajak para orang tua untuk mengenalkan anak pada dunia literasi. Topik konten bisa apa aja dan boleh berupa foto, minimal 3 foto dalam 1 rangkaian issue. Untuk video, maksimal berdurasi 3 menit.

Screen Shot 2015-12-11 at 08.35.15.png

student.cnnindonesia.com

Salah satu program dari CNN Student ini adalah CNN Student Camp yg rencananya akan dilaksanakan setiap tahun di bulan Agustus. Peserta untuk CNN Student Camp ini adalah anak Indonesia usia > 12 tahun. Selain itu, ada juga CNN Student Goes to School dan CNN Student Workshop Literacy yg dibatasi untuk 30 anak dan guru. Dalam program ini, CNN Indonesia berkomitmen untuk membantu para guru agar lebih dapat menguasai teknologi dan mengembangkan kemampuan literasi untuk kemudian ditularkan pada anak didiknya. Untuk info lebih lanjut tentang CNN Student ini bisa menghubungi ke ainun.chomsun@cnnindonesia.com atau deddy.sinaga@cnnindonesia.com.

Inspiring banget gak sih? 🙂 Kalo liat sepak terjang Mbak Ainun di bidang pendidikan, mulai dari Akademi Berbagi hingga CNN Student ini, saya jadi semakin ngeuh kalo ilmu itu bisa didapet dari mana aja, kapan aja, dengan cara apapun. Pun dalam membagi ilmu itu bisa ke siapa aja, mulai dari lingkungan terdekat. Jadi, gak ada alesan buat berhenti belajar kaan? ^^’

Dan kepedulian CNN Student terhadap dunia literasi mengingatkan saya agar kelak bisa membimbing Cemplu menjadi anak yg melek sama dunia literasi, gak cuma kebiasaan baca tapi juga membuat tulisan. Because you know, sometimes the better way to speak is through writing. Yuk, yg mau sekolahnya didatengin CNN Student boleh banget colek-colek Mbak Ainun tuh! 🙂

Oya, di bulan ini CNN Student ngadain kompetisi ungkapan cinta pada ibu lewat campaign Dear Mom. Semua boleh ikutan dengan mengirimkan tulisan, ataupun foto/video ke cnn.id/student di bagian “kirim artikel”. Dengan ikutan itu, kita bisa dapet kesempatan buat dapetin voucher belanja senilai total Rp3.000.000,00. woh! Belanja lagi belanja lagi 😆 Tapi lumayan kan buat nraktir mama. hehehe.

At the end, #brunchatNewsroom kemarin itu petjaaahh! Yaah, begitulah kalo emak-emak udah ngumpul kadang hebohnya lebih-lebihin bocah yg ngumpul 😀 Thank you CNN Indonesia for the friendly hospitality!

IMG_20151210_171715

Courtesy: CNN Indonesia

Advertisements

21 thoughts on “Brunch Heboh ala CNN Indonesia

  1. Gebrakan yang bagus memang, jadi orang cukup membaca satu berita yang padat dan semua informasi sudah didapat, minimal tidak sepotong-sepotonglah ya. Tapi saya sangat berharap kalau kemunculan media baru ini bisa jadi menjangkau semua lapisan masyarakat dan yang paling penting netral. Jujur kalau kita sekarang sudah capek dengan media-media berpengaruh tapi beritanya yang satu ekstrem A yang satu ekstrem Z. Dan siaran yang beda 180 derajat itu free-to-air alias bisa disaksikan semua masyarakat Indonesia yang punya TV dan antena.

    Tapi ngomong-ngomong soal menjangkau semua lapisan masyarakat, saluran TV CNN Indonesia ini kan tidak free-to-air ya, setahu saya? Mesti langganan TV kabel X dulu baru bisa dapat channel ini bukan sih?

    Keren loh eventnya. Saya selalu tertarik dengan jurnalistik (tapi ogah soalnya beban kerjanya banyak banget :haha).

    Like

Let's share what you think!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s