Mengenal EcoWash Washing Ball

Masih musim hujan nih, apa kabar ibu-ibu pejuang clodi? Masih amankah stok insert-nya? :mrgreen:

Musim ujan gini emang bikin saya inget sama clodi. Dan kalo inget clodi, otomatis inget juga sama washing ball. Karena saat jaman pake clodi-lah saya pertama kali kenal sama yg namanya washing ball alias nyuci pake bola, bukan deterjen. Ada yg udah kenal juga sama washing ball ini? Belom? Kalo belom, yuk kita kenalan…

Saya: Halo, guys… kenalin ini washing ball.. Washing ball, kenalin ini guys…

Guys: Halo, washing ball!

WB: …..

*apadeh*

Aneh gak sih rasanya nyuci pake bola doang?

Awalnya sih iya. Pertimbangan keampuhannya menghilangkan noda dan kotoran bikin saya sangsi. Apalagi ini yg dicuci clodi lho, penuh hadas besar dan kecil bayi yg pesingnya minta ampun. Tapi setelah dicoba, ternyata emang oke lho. Sayapun takjub! ⭐

1454883378138-1.jpg

Washing Ball EcoWash

Pertanyaan umumnya: emang kenapa nyuci clodi baiknya pake washing ball?

Simply, karena washing ball gak ninggalin residu di serat kain macem deterjen. Residu deterjen pada clodi ini yg suka bikin berkurang daya serapnya yg berakibat kualitasnya menurun. Kalo reaksi kimia cara kerjanya si washing ball ini gimana, saya juga gak ngerti ya. Terlalu ilmiah juga buat saya yg lagi kuliah jurusan akuntansi ini 😀 Kalo mo tahu gimana teknisnya bisa di baca di sini aja.

So far yg saya tahu, washing ball ini mengubah pH air kayak deterjen, makanya dia bisa ngangkat kotoran dan noda. Tapi waste yg dihasilkannya gak se-polluted air campuran deterjen. Jadi digadang-gadang lebih ramah lingkungan alias eco-friendly. Oiya, dia juga gak wangi kayak deterjen, cuma yg saya rasain selama ini nyuci clodi sih gak bau juga. Seger-seger aja malah karena baunya natural.

Washing ball ini terbuat dari apa yak kalo gitu?

Selama ini saya udah 2x pake washing ball dengan merk berbeda. Yang pertama dulu itu entah merk-nya apa lupa, yg pasti dia dalemnya gak keliatan gitu. Nah kalo yg kedua ini merk-nya Ecowash dan dalemnya bisa keliatan kayak begini:

1454883456537-1.jpg

Butiran Keramik dalam Washing Ball

Selain cangkang yg terbuat dari bahan apa itu entah, menurut dari keterangan di bagian bungkusnya isi dari EcoWash washing ball ini adalah butiran-butiran debu  keramik yg terdiri dari keramik alkali, far infra red ray, anti mikroba, dan penghilang klorin. Meskipun isinya keliatan, tapi washing ball ini gak bisa di-refill macem alat serap lembab yg banyak dijual. Jangankan di-refill, dibuka aja gak bisa. Dan berdasarkan pengalaman orang-orang sih EcoWash washing ball ini bisa tahan 3 tahunan kalo dirawat dengan baik.

Sedikit tips dari saya kalo nyuci baju pake EcoWash washing ball:

  1. Rendam washing ball dan baju +/- 30 menit sebelum mulai mencuci kalo mo pake tangan, kalo pake mesin gak perlu direndem dulu.
  2. Kalo pake mesin cuci, supaya washing ball gak membentur-bentur bisa pake washing net yg digantung. Cuma kalo mesin cucinya front load, saya kurang tahu deh bisa engga ya pake washing net :\ *maklum, masih geng 2 tabung 😛 * Ada yg pernah coba?
  3. EcoWash Washing ball bisa dipake barengan deterjen dengan takaran yg lebih sedikit dari biasanya.
  4. 1 washing ball biasanya untuk nyuci <5 kg. Jadi kalo mo nyuci lebih dari itu, bisa pake 2 washing ball atau bertahap.
  5. Cuci bersih EcoWash washing ball setelah pemakaian, dan gantung! Untuk daya tahan yg lebih lama, sebaiknya jemur washing ball minimal 1 bulan sekali.

 

Oya, biasanya kalo beli EcoWash washing ball itu suka ada bonus stain remover stick lho, which is kalo ga dikasih bonus, minta dibonusin aja 😛 , nah si stick ini dipakenya dioles ke noda atau bagian yg biasanya perlu dikucek sedikit kayak kerah, ketiak baju, sebelum direndem bareng washing ball. Fungsinya ya itu tadi, untuk mempermudah menghilangkan noda. Yg saya suka dari stick ini adalah wanginya yg segerr banget! *endusenduss* 🙂

1454883602765.jpg

EcoWash Pre-Treated Stain Remover Stick

1454883666179.jpg

Kandungan Pre-Treated Stain Remover Stick

Selama ini sih saya seringnya pake EcoWash washing ball ini untuk nyuci per-clodi-an dan training pants, and it’s really good (baca juga: All about Clodi). Kalo nyuci baju sih masi suka ditambah deterjen dikit-dikit, karena belom biasa aja nyuci baju tapi gak ada busanya. LOL 😆 Padahal sih oke-oke aja sebenernya, bahkan lebih bagus karena limbah yg dibuangnya gak terlalu polluted, as I said earlier.
All in all, kelebihan pake EcoWash washing ball ini adalah gak bikin baju bladus, gak kayak deterjen yg kadang ada zat kimianya yg bikin mladus. Kalo kekurangannya, paling dia gak berbusa aja jadi rasanya kayak gak nyuci, wkwkwk.

Gimana ada yg mulai tertarik buat banting stir dari deterjen ke washing ball? 🙂

Advertisements

60 thoughts on “Mengenal EcoWash Washing Ball

  1. Ini super hemat, Mba.. Harga 100 dengan ketahanan maks 3 tahun itu bisa ngirit deterjen bek sak-sak, kalau dilihat dari Mba Nadia sampai ketagihan dua kali ganti kayaknya hasilnya lumayan oke, ya, Mba.. Jadi pengen Cobain.. TFS ya, Mba… 🙂

    Like

  2. Iya nih aku juga udah denger tentang washing ball ini. Tapi kok kayanya ga gitu percaya ya kalo bisa beneran bersih. Hihi. Udah keseringan liat busa melimpah kl pake deterjen sih. Washing ball ada busanya juga nggak Mak?

    Like

  3. Mbladuz setahu saya nama warung sekaligus kos-kosan di Kalmong, Mbak *eaaa sekampus nih ceritanya*.
    Eh ini penemuan baru ya, bisa gitu nyuci pakai bola doang? Kan dia tidak bersentuhan dengan semua pakaian? Tapi yang diubah kan airnya ya, bukan harus sama bolanya hehehe… menarik nih buat dicoba. Kasih tahu orang rumah, ah. Thanks infonya!

    Like

  4. wah ternyata tahan 3 tahun ya…? dulu pas berburu clodi memang tahu yg begini, tapi harganya berlipat2 dari detergent yg biasa dibeli jadi ogah buat beli. kalau 3 tahun mah irit lah ya…

    Like

  5. wuaahhh jd penasaran… bayiku g ada yg pake clodi sih, mengingat semuanya lahir di musim hujan kita putusin pake popok sekali pakai dr awal :D,… emg jd lbh boros, tp aku kasian ama baby sitternya capek kalo keseringan cuci popok. tp baca ini jd tertarik sih :D.. pgn tau jg beneran bisa membersihkan ato ga

    Like

  6. Bener bgt mba,buat nyuci clodi bikin irit air ga prlu berkali2 bilas,biasanya 4-5x bilas supaya bener2 ilang residu detergen n bau pesingnya si clodi,nah klo pke ecowash cukup 2 atau 3x bilas clodi udah seger ga bau pesing,ajaib emang ni bola cuci ecowash,noda pup newborn kuning yg lengket jg gampang ilang pake ecostik,wanginya enak. Kalo buat nyuci baju dewasa jeans dan pakean yg super duper kotor rendem agak lamaan jd butek bgt airnya, bau keringet ilang,seger ga bau apek apalagi musim ujan gini ngebantu banget nget. Yg penting bilasnya cukup airnya apalagi yg pake mesin,bajuny ga boleh overload,nti cucian ga bersih. Kalo pake detrgen nyuci ga bersih kesamar sama parfum detergen,kalo pake ecowash cucian ga bersih bisa kerasa cucian biasanya baunya amis,tanda bilasnya kurang air atau cuciannya kebanyakan.

    Ompol clodi ja yg kotor bgt bs bersih tandanya ga ada bau pesingnya apalg cuna keringet.

    Like

Let's share what you think!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s