#BebeHero: Anak Cerdas dan Berempati

The good thing when I woke up in the morning was… Alhamdulillah masih hari Sabtu! Enak banget pan yak kalo Jumat libur itu 😀 Long weekend gini buat kami apa lagi kalo bukan waktunya ngasuh. Makanya, pagi tadi saya langsung inget mau main ke #BebeHeroPark yg lagi ada di Main Atrium Kota Kasablanka tanggal 26-27 Maret 2016 ini. Event tsb merupakan salah satu rangkaian kegiatan #GrowThemGreat campaign oleh Bebelac di mana tujuannya adalah mendukung para Ibu untuk membesarkan anak yg hebat. Karena anak hebat tidak hanya memiliki kecerdasan kognitif, tapi juga psikososial, seperti rasa empati.

Dari awal liat campaign ini di IG, saya langsung tertarik karena saya sangat setuju kalo penanaman nilai kebaikan pada anak sejak dini itu penting banget. Selain turut berperan dalam pembentukan karakter anak, hal ini juga merupakan bekal bagi mereka saat kelak terjun ke lingkungan bermasyarakat dan bersosialisasi.

Jadi, ada apa aja sih di#BebeHeroPark ini?

1458992963492.jpg

Selain dihadiri oleh ambassador #BebeHero sendiri, yaitu Bambang Pamungkas, event ini juga menghadirkan Psikolog Roslina Verauli, M.Psi dan Andi Airin, Sr. selaku Brand Manager Bebelac. Bersama ketiga tokoh tersebut, dilakukan sharing mengenai “Membesarkan Si Kecil Berkarakter Hero”. Dalam sharing tsb ditekankan bahwa aksi hebat anak berkarakter kepahlawanan ini tidak selalu perilaku yg “wah” atau berdampak besar, tetapi mulai dari kebaikan-kebaikan kecil di rumah.

“Empati adalah gerbang dari aksi peduli kepada orang lain termasuk nilai kebaikan yg dimiliki oleh anak. Oleh karena itu, dasar pendidikan moral dengan berempati harus dimulai sejak dini karena tumbuh dan berkembangnya empati pada anak sejak dini akan berpengaruh pada perkembangan watau atau kepribadian dan perilaku anak saat dewasa nanti” ~Roslina Verauli, M.Psi.

Konsep Kompetensi Psikososial pada Anak:

Kontrol Emosi,

Emosi Ke-aku-an (seperti percaya diri), dan

Empati.

Untuk menanamkan ketiga konsep tersebut, terdapat dua hal yg harus dilakukan oleh para orang tua, yaitu menjadi role model dan memberikan mereka kesempatan untuk menampilkan perilakunya tsb. Hal ini didukung oleh Bambang Pamungkas yg menceritakan kejadian saat anaknya berniat untuk menyumbangkan beberapa barang mereka. Menurutnya, di situlah peran orang tua untuk membantu mereka merealisasikan hal tsb, misalnya dengan mencarikan yayasan/penerima dan mengapresiasi mereka.

“Pelajaran yg baik bagi anak bukanlah yg diucapkan, tapi yg dilakukan” ~Bambang Pamungkas.

Lebih lanjut, Bambang pun membagi tiga hal yg diutamakannya dalam mendidik anak, yaitu kemampuan akademik, keberanian untuk menjadi diri sendiri dan berpendapat, serta membatasi kegiatan virtual seperti bermain gadget. Dari ketiganya, menurut Bambang yg paling masih membutuhkan effort lebih adalah yg ketiga.

1458993969311-1

1458993886823-1

#GrowThemGreat Campaign

Di akhir sesi, Mbak Andi Airin mengajak para ibu untuk membagi cerita aksi hebat anak yg cepat tanggap dan punya rasa peduli beserta foto/video ke http://bebeclub.co.id/growthemgreat/. Cara dan hadiahnya bisa diliat di video berikut:

Pencarian cerita terbaik ini bakal diadain sampai tanggal 24 April 2014. Catet ya! Sapa tau beruntung buat dapetin salah satu hadiahnya 😎 *mupeng*

Kalo Cemplu sendiri, empati yg udah berhasil dia tunjukkin adalah tiap denger bayi nangis. Alih-alih keganggu, dia malah senyum-senyum sambil bilang “bun… bayi anya nanis mo mimim… mimim ibun”. Dan kalo saya tanya, “emang boleh sama cemplu kalo dedek bayinya mimim ibun?”. Karena dia baru disapih, saya pikir jawabannya bakal gak boleh, tapi ternyata dia jawab boleh. waw! Malah kemudian dia nambahin, “mimim buat bayi, aku nda mimim… mimim cucu aja”. Hmm… di sisi lain berarti nyapih kemarin berhasil kan ya 😛

Secara keseluruhan kegiatan di #BebeHeroPark hari ini rame banget, literally rame sama anak-anak. Total permainan di area tsb ada 13 jenis yg mana di masing-masingnya dilengkapi keterangan usia anak. Saran saya sih mungkin untuk selanjutnya jumlah guide berseragam itu dikurangi aja kali ya, atau hanya di permainan yg bener-bener membutuhkan pengawasan macem flying hero, trampoline, dan ball house. Hal tsb mengingat tiap anak pada umumnya bersama orang tua, sedangkan luas area tidak terlalu besar. But overall that was okay, though. Selain itu, ada juga pojok konsultasi perkembangan anak dengan Rumah Dandelion dan Gallery of Greatness yg menampilkan cerita-cerita aksi hebat anak.

Buat yg mau dateng ke #BebeHeroPark Kota Kasablanka besok (27 Maret 2016), saya saranin buat dateng pas awal dibuka supaya masih sepi dan anak lebih nyaman mainnya. Selanjutnya, #BebeHeroPark akan hadir di Plaza Medan Fair (9-10 April 2016), Palembang Indah Mall (23-24 April 2016), dan Summarecon Mall Bekasi (7-8 Mei 2016). uuuyeee bekasi~~ 😎 LOL.

To all the great kids, yuk seru-seruan di #BebeHeroPark! 🙂

*this post is sponsored by Bebelac*

Advertisements

5 thoughts on “#BebeHero: Anak Cerdas dan Berempati

Let's share what you think!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s