#HungryFriday #5: Jajanan ‘All Time Favorite’

Udah ketemu Jumat lagi, dan blog ini otomatis jadi mingguan karena baru bisa nulis menjelang weekend. LOL. Di #hungryfriday #5 ini kita mo cerita soal jajanan favorit kita… sepanjang masa 😛 Buat saya pribadi, itu adalah makanan yg biasanya dibawa cowo-cowo kalo pada lagi ngapel. Apa coba?

Baca punya Isti di sini ya:

Jajanan Favorit

Yes, Martabak! 😆 😆 Sebenernya bukan karena segitu doyannya sama martabak sih, tapi makanan ini adalah yg paling reachable kalo lagi pengen ngemil. Selain yg jual banyak, harganya pun affordable. Terkecuali ya, martabak dengan konsep penjualan tertentu emang ada juga yg agak pricey. Tapi biasanya yg begitu-begitu juga enak sih jadi rasanya worth it, paling gak bisa sering-sering aja, hahaha.

Ada satu martabak yg jadi favorit saya waktu kecil, tapi sayangnya udah lama tokonya tutup dan gak ada cabang lain.

Namanya Martabak Teratai. Lokasi Martabak Teratai ini dulu di Jalan Kancra, Buah Batu, Bandung. Yg jadi favorit saya, apalagi kalo bukan martabak kejunya. Menurut saya, rasa martabak keju ini belom ada yg ngalahin ampe sekarang. Rasanya lembut, gak bau ‘adonan’, manisnya mild, oily, dan kalo dimasukin kulkas buat dibesokin malah tambah enak. Saking sukanya sama martabak ini, saya inget pas SD dulu sebelum ujian catur wulan selalu dibeliin ini sama mama bapak biar belajarnya semangat 😀 Menginjak SMP, si empunya martabak ini kemudian berhenti jualan. Sayapun gak ngerti beliau pindah dan buka di tempat lain ato ganti merk, tapi saya belom pernah nemu martabak ini lagi. Hingga sekarang, Martabak Teratai hanya tinggal kenangan~ 😦 *seriussedih*

As time goes by, akhirnya saya bisa move on dari si Martabak Teratai meskipun ya gak bisa dipungkiri kalo ngomongin martabak pasti saya tetep inget. *halah* 😛 Nah kemudian ada satu martabak lagi yg kalo saya hayati, ini rasanya hampir mirip Martabak Teratai yg dulu. Namanya Martabak Bolu Golden Bell. And yes, yg jual di Bandung juga. This is one of so many reason why I love Bandung! ❤ , selain karena kampung halaman juga tentunya. Pertama kali tau soal martabak bolu ini dari acara Laptop Si Unyil. Waktu itu acaranya lagi semacam ngintipin dapur usahanya Martabak Golden Bell. Karena saya mupeng, akhirnya saya paksa suami buat bantu nyari martabak bolu ini pas di Bandung. Lokasinya ada di daerah Surya Sumantri gitu, alamat lengkapnya googling aja lah ya saya gak apal, wkwkw.

martabak bolu Golden Bell.jpg

Courtesy: id.openrice.com

Karena namanya martabak bolu, jadi rasanya pun fusion antara martabak dan bolu. Rasanya martabak, tapi teksturnya selembut bolu. Martabak bolu ini juga gak seberminyak martabak dan kulitnya tipis. Enyak pokonya! Martabak bolu ini ada varian rasanya juga kalo gak salah, tapi saya baru pernah coba yg keju aja. Harganya dulu sih 50-70ribuan, gak tau deh sekarang. Buat yg suka main ke Bandung dan belom pernah nyoba ni martabak bolu, cobain deh…. oke juga kayaknya kalo dijadiin oleh-oleh, hehe.

Selain Martabak Teratai dan Martabak Bolu Golden Bell, ada juga Martabak San Fransisco. Kalo yg ini kayaknya udah terkenal buanget ya. Dan meskipun awalnya di Bandung. tapi sekarang udah ada cabangnya di Jakarta ini. Pernah coba beli di Jakarta ini tapinya lewat go-food, gak langsung dateng langsung ke outletnya. Rasanya ya begitulah… enak, haha. Sekarang ini Martabak San Fransisco lebih terkenal untuk variannya yg macem-macem, kayak Nutella, KitKat, Ovomaltine, Oreo, dsb. Cuma buat saya tetep aja sih yg paling enak itu martabak keju! 😆 Martabak asinnya juga enak sih, dagingnya banyak dan gede-gede. Harga di Martabak San Fransisco termasuk tinggi kalo dibandingin abang-abang yg jualan pinggir jalan *yaeyalah*, sekitar 40-90ribuan. Makin unik rasa yg dipesen, tentu makin mahal.

Martabak lain yg konsep dan range harganya nya mirip sama Martabak San Fransisco di Jakarta ini adalah Martabak Boss. Konsep martabak ini anak muda banget karena outletnya eye-catchy dan rasa martabaknya pun macem. Gak cuma toppingnya yg beragam, tapi pilihan adonannya pun bisa di-customize. Saya pernah coba martabak keju yg adonannya pake rasa Taro. Jadi ungu-ungu unyu gitu. Cuma yg saya rasain kalo adonan martabak pake Taro itu gak begitu terasa aromanya. Beda banget kalo pas bubuk Taro itu dicampur ke minuman. Kalo di Martabak Boss ini, saya masih penasaran sama yg model TipKer alias Tipis Kering. Kayaknya enak soalnya tipis-tipis mirip crepes.

martabak boss.jpg

Courtesy: manual.co.id

martabak boss menu.jpg

Courtesy: zomato.com

Buat versi murmer tapi enak, saya juga suka Martabak Good Time di Bandung ato martabak lain yg dijual abang-abang pinggir jalan. Kisaran harganya paling 15-30ribuan. Untuk martabak yg murmer ini, saya lebih suka beli yg asinnya semacem martabak telor itu.

Hah, panjang juga ya perjalanan permartabakan ini, ada yg mau nambahin? 😀

Lumayan lah buat referensi buat yg pada mo ngapel, ya gak? LOLOL.

image

Advertisements

22 thoughts on “#HungryFriday #5: Jajanan ‘All Time Favorite’

  1. lha aku malah belum tau ada martabak goldern bell, mayan juga ya harganya.

    klo di Bandung setauku yang harganya murmer dan enak itu yang dari Grupnya Si Legit.
    dan memang enak lho rasanya, harganya gak nyampe 20rb. Nyam.

    Like

  2. Enak Nad, jadi pingin martabak manis pagi-pagi baca pos ini 😀 Makin banyak variasinya ya sekarang. Aku mau coba ah kalo ke Indonesia lagi.

    Boleh request ngga? Tulis martabak telur 😀

    Like

  3. Kalo disuruh milih sbnrnya aku lebih suka martbak telur karena gurih :D.. tapi ttp suka2 aja sih kalo ada yg ngasih martabak manis ;p.. Martabak bolu jd penasaran ih… selama ini martabk favoritku masih martabak air mancur yg di bogor itu mbak, yg rasa jagung mnais :D.. kalo yg di jkt, walo bnyk bgt pilihan dgn rasa2 kekinian, tapi buatku rasanya kok ya sama aja :D.. enak, tp ga bikin ampe kebayang2 mau beli lagi ..

    Like

    • Ada ya martabak air mancur? iya setuju, martabak yg macem2 rasanya itu cukup tau aja ya, gak bikin ketagihan kayak martabak2 yg rasanya konvensional hehe Martabak Telur lebih enak karena kalo dimakan banyak2 gak enek.

      Like

  4. Hai mba nadia..salam kenal..aku pernah nyobain martabak andir pas lagi ke bandung..enak banget yang rasa green tea-nyaa..lembut deh..harganya ya lumayan haha..sekitar 80an apa ya kalo ga salah inget..berhubung di bekasi ga ada martabak kekinian,mentoknya jajan martabak alim,haha..murah meriahh

    Like

Let's share what you think!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s