#HungryFriday #8: Bakso

Siapa suka bakso? 😀 Biasanya sih bakso ini idola ibu-ibu di mana kalo makan bakso ini kurang lengkap kalo gak pake cuka dan juga sambel cabe. Pas lagi panas-panas, makan bakso pedes asem, trus abis itu tipes… c’est la vie. LOL. Berhubung bakso ini adalah makanan favorit keluarga kami, apalagi saya dan mama 😛 , jadi ada beberapa tempat makan bakso yg jadi favorit kita. Apa aja? Yuk cus!

Baca punya Isti di sini ya:

Bakso

Bakso Lapangan Tembak Senayan

Restoran bakso ini kayaknya udah banyak yg kenal, cabangnya juga udah di mana-mana termasuk di Bandung. Menurut saya, yg ngangenin dari seporsi bakso di sini adalah kuahnya. Karena selama ini yg saya coba baru bakso campur biasa, jadi baksonya yg biasa aja kecil-kecil gitu. Mungkin kalo lain kali pesen menu bakso rica-rica ato bakso saos padang bakal lain ya. Nantilah kita coba 😉 Kuah di bakso lapangan tembak ini wangiiii abis gitu gurih, khas aja gitu dibanding bakso-bakso di tempat lain yg pernah saya coba.

bakso lapangan tembak.jpg

Courtesy: baksolapangantembaksenayan.weebly.com

Oya, seperti di gambar, 1 porsi mie bakso ini biasanya disertai dengan pangsit. Dan kalopun yamin biasanya ada kuah terpisah yg irresistable banget buat kita sruput. Enak! Doh, jadi kepengen makan langsung di pusatnya kan ya. Sejauh ini kalo makan bakso lapangan tembak malah di cabang yg Bandung 😀 Untuk kisaran harga 1 porsi bakso di sini sekitar Rp19-23ribuan.

Bakso Laksana

Ini sebenernya bakso favorit kita sepanjang masa. Tapi sayang, cuma ada di Tasikmalaya 😆 Bakso Laksana udah jadi destinasi kuliner wajib kalo kita lagi mudik ke Tasik. Lokasinya ada di kompleks pertokoan dan kantor yg deket Masjid Agung Tasikmalaya, lupa lah namanya jalan apa.

bakso tasik laksana

Courtesy: pribadi.

Beda dengan bakso lapangan tembak yg khasnya itu adalah kuahnya, di sini yg jadi khas malah saosnya. Ciyus? Yes! Saos yg dipake di sini semacem saos bawang gitu, rasanya pedes asin dan wanginya, masya Alloh, bikin tambah enak! Pas awal buka dulu, setiap pengunjung di sini cuma dapet jatah saos 1 piring kecil kayak di atas. Mungkin karena nyatanya sering kurang dan pada bulak-balik minta tambah saos, sekarang di tiap meja udah disediain botol saos yg bisa dipake suka-suka.

Menu yg kita pesen di sini biasanya Mie Bakso Babat Yamin Asin dan Jus Durian, ini adalah paduan yg pol banget enaknya. Setiap porsi Mie Bakso Babat Yamin Asin ini terdiri dari 2 mangkok, yaitu 1 mangkok mie dengan taburang daging cincang dan daun bawang (me like it a lot, yes!) dan 1 mangkok kuah dengan bakso + sayuran + babat + daun bawang. Restoran Bakso Laksana ini kalo pas libur lebaran penuhnya minta ampun, padahal tempatnya udah 2 lantai dengan ukuran ruangan yg luas.

Berdasarkan info dari karyawannya, bakso laksana ini memproduksi sendiri mie-nya. Dan yg saya suka lagi dari bakso laksana ini adalah penggunaan daun bawangnya. Entahlah, saya jauh lebih suka daun bawang daripada bawang merah goreng. Lebih wangi dan seger aja gitu. Kuah bakso di sini juga khas sih, meskipun gak sewangi kuah di bakso lapangan tembak, tapi rasanya gak kayak kuah bakso biasa. Di sini kuahnya lebih bening dan kayaknya ayam yg dipake buat kaldu itu bukan ayam negeri biasa, tapi ayam kampung ato petelor. Dan range harga di sini emang cukup mahal untuk ukuran semangkok bakso dan jus, bisa Rp60ribu sekali makan (jus + bakso). But this is very worth it. *mabuk kepayang* Kalo ke Tasik trus gak mampir sini tuh rasanya ada yg kurang aja gitu, haha.

Oya, di Bandung juga ada yg mirip kayak bakso laksana ini. Namanya Bakso Tasik 69. Itu bisa dibilang 80% mirip. Meskipun nikmatnya beda, tapi kalo lagi di Bandung trus kangen sama Bakso Laksana, saya biasanya beli Bakso Tasik 69 ini.

Sebenernya masih banyak sekali bakso yg enak, termasuk Mie Bakso Mas Tedjo deket rumah mama di Bandung. Ciri khas dari mie bakso di abang-abang itu malah biasanya si baksonya itu sendiri yg bervariasi. Ada bakso urat, bakso cincang, bakso isi telor, dan di antara ketiganya favorit saya adalah bakso urat. Chewy banget! 😀 Malah di Mas Tedjo itu sekarang ada yg namanya bakso rudal. Itu adalah bakso yg isinya…… cabe rawit. Baksonya gede banget, dan saya sih gak sanggup nyoba makan. Cuma bisa ngeri-ngeri sedap aja kalo liat yg makan itu. HAHA. Ada yg berani coba?

Advertisements

12 thoughts on “#HungryFriday #8: Bakso

  1. Pingback: #HungryFriday #8: Bakso Timbul – Momopururu

  2. Baca ini pas lagi puasa itu ujian banget mba 😐
    Aku suka baso tp gasuka dicukain apalagi pedes banget, hih banget rasanya. Itu baso mas tedjo di mana mba? pengen nyobain. Cobain yamin lela deh mba, mie nya juga bikinan sendiri juga.

    eniwey salam kenal ya mba Nadia, blog nya keren banget 🙂

    Like

Let's share what you think!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s