Tentang Istri yang Selingkuh

Hai, it feels so good to be back! 😀 HAHA

Soooo, it’s been a year since I stayed away from this blog becauusse…. of the last semester. And here I am, 2017… mari hidupkan kembali blog ini 🙂

But wait! Apaan nih, udah lama ga ngeblog tau-tau muncul ngomongin istri yg selingkuh?? 😛

 Well, ada yg udah nonton My Wife is Having An Affair This Week?

tsbed2l

My Wife is Having an Affair This Week. Courtesy: Dramacool.

Jadi yaa… di tengah-tengah “kegilaan skripsi” akhir taun kemarin, ada setitik waktu luang yg emang saya siapin dari awal buat mengheningkan cipta si pikiran yg udah diobrak-abrik ini. Dan drama korea (drakor) ini jadi teman me-time sekaligus penutup akhir taun 2016 yg manis, ahiw. Sebenernya sih awalnya cuma mau nonton episode 1-nya doang, tapi ya dasar emang racun! Malah penasaran terus dan rasanya gak tenang kalo ga nonton ampe abis. Untungnya cuma 12 episode, jadi bisa digeber sambil ngerjain kerjaan rumah yg lain. Suami yg merasa kesian sama istrinya yg udah babak belur ini, cuma bisa ngijinin sambil geleng-geleng kepala pas saya minta izin buat membisu beresin drakor 😛

Oke, jadi gimana filmnyaa?

AAAKU SUKAAA! ⭐ ⭐ ⭐

I hope I’m not telling you any spoiler, I’m just saying how I really LOVE this serial. Film ini nyeritain tentang kehidupan pernikahan Do Hyun Woo/DHW (Lee Sun Kyun), seorang produser di salah satu stasiun tv lokal, dengan istrinya, yaitu Jung Soo Yeon (Song Ji Hyo) yg seorang graphic designer.

Dari awal cerita udah langsung diliatin konfliknya bahwa si DHW ini menemukan indikasi istrinya selingkuh. He was so desperately naive that he asked netizen about this on social media. Di sosmed-nya dengan nama akun Toycrane itu, dia semacem up date setiap perkembangan hubungan dia dengan istrinya yg dicurigai selingkuh. Dan curhatanya itu… kemudian jadi viral. Seru dan banyak adegan kocak di film ini. Jadi meskipun isu selingkuh adalah hal yg menyebalkan, film ini bisa ngebawa emosi penonton dengan baik. Gundah, kesel, sedih, tapi terus ketawa-ketawa, terus kesengsem, gitu aja terus. Jumpalitan kayak naik roller coaster.

Sebenernya, ada 3 kisah ini di film ini yg diceritakan secara bersamaan. Cerita besarnya memang si DHW itu, cuma ada juga kisah lain yg jadi “bumbu” di sepanjang serial ini. Kisah yg jadi penyedap serial ini di antaranya kehidupan pernikahan teman-teman DHW. Ada Choi Yoon Ki/CYK (Kim Hee Won), seorang pengacara yg kurang laku tapi cassanova abis dan menikahi seorang konglomerat bernama Eun A-Ra (Ye Ji Won).

Beda dengan si DHW di mana yg selingkuh itu istrinya, si CYK ini nyelingkuhin istrinya yg super tajir. Sepanjang cerita, kita disuguhkan dengan “kenakalan” CYK yg nyosor sana-sini sambil tetep berusaha buat gak ketauan istrinya. Kisah yg ini super kocak dan ekstrim. Makanya meskipun cuma bumbu, tapi jadi selingan yg seru di sela-sela kita mengikuti kegundahan si DHW. Ending-nya pun mantep banget. LOL. Juara banget deh tu karakter Eun A-Ra ini !!!

Kisah ketiga di film ini, tentang Ahn Joon Young/AJY (Lee Sang Yeob) dengan Kwon Bo-Young (BoA, iya ada BoA di film ini!!). Dua orang ini merupakan partner kerja si DHW, yg satu produser dan satunya lagi scriptwriter.

Bisa dibilang, kedua orang ini adalah karakter favorit saya di serial ini. Kisahnya… aaaah begitulah tonton aja. HAHAHA.  Gereget dan bikin senyum-senyum sendiri. Mereka adalah dua orang yg sedang berusaha menata hati dari remuknya perasaan akibat kegagalan pernikahan dengan pasangannya masing-masing. Mereka ini juga yg bikin problematika gloomy ini jadi cukup berseri-seri.

Pada awalnya, saya tertarik nonton drakor ini gak lain karena ada Song Ji Hyo. Menimbun kerinduan akan karakter dia yg bakal abis di Running Man bulan depan. Tapi ternyata, film ini memberikan lebih. Dari film ini saya dapet fakta-fakta menarik yg mengandung banyak hikmah dan pelajaran seputar pernikahan. Film ini seperti menunjukkan bahwa perselingkuhan merupakan salah satu issue yg lagi cukup happening di Korea Selatan. Gak cuma para suami yg punya peluang buat selingkuh, tapi para istri juga punya peluang yg sama. Yang bagus dari film ini adalah dia tidak menyudutkan pihak-pihak tertentu, kayak misalnya yg selingkuh itu ya biasanya para istri yg berkarir lah, mereka yg LDR-an lah, ato pasangan yg udah lama nikah. Film ini membeberkan banyak sudut pandang, bahwa perselingkuhan itu bisa menghampiri siapa saja, baik itu ibu rumah tangga, pasangan yg tinggal seatap, pasangan muda dengan/tanpa anak, maupun pasangan dengan kondisi ekonomi yg baik.

Saking insightful-nya film ini, saya sampai berdiskusi panjang lebar dengan suami mengenai beberapa hal terkait isu perselingkuhan yg menjadi momok setiap rumah tangga. Isu yg disampaikan oleh film ini adalah bahwa…

Perselingkungan itu hadir begitu saja.

Sejak awal memang tidak ada seorang pun yg berniat untuk mengkhianati pasangannya, kecuali ya ada juga orang genitnya macem si CYK itu. Dalam film tersebut, Jung Soo Yeon pernah bilang kalo perselingkuhan ini “… it just happened“. Meskipun hal itu gak bisa jadi excuse bagi mereka yg membagi hati, ada hal yg perlu menjadi bahan introspeksi setiap pasangan tentang mengapa perasaan tersebut bisa muncul. Karena ternyata…

Bukan rasa bosan yang menjadi pemicu, tetapi lelah.

Rutinitas pasangan dengan anak yg tinggal di kota besar menjadi salah satu faktor yg menimbulkan kelelahan (pastinya!). Bangun pagi nyiapin sarapan, mandiin anak, nganterin ke daycare, ngantor, buru-buru jemput anak, nyiapin makan malem, tidur, begitu seterusnya selama lima hari dalam seminggu. Belum lagi ditambah tekanan pekerjaan ato masalah lain di luar urusan domestik. Kejenuhan semacam itu dengan komunikasi yg seadanya dengan pasangan di rumah ternyata menyebabkan kelelahan yg mungkin tidak kita sadari. Terlalu sibuk menjalankan peran sebagai suami/istri, ayah/ibu, pegawai, hingga lupa dengan kebahagiaan diri sendiri, gak sempet me time apalagi couple time, juga bisa menimbulkan “kekosongan” dalam hati. Hingga suatu saat ada seseorang yg secara tidak disadari mengisi kekosongan tersebut, timbullah percikan-percikan yg telah lama hilang… namun pada orang yg tidak tepat.

screen-shot-2017-01-13-at-05-34-30 screen-shot-2017-01-13-at-05-34-42

After all, ada yang jauh lebih penting daripada menjadi pasangan yang sempurna.

Seringkali kita mendapatkan tekanan untuk menjadi pasangan atau orang tua yg sempurna. Bahwa istri yg baik itu adalah mereka yg bisa menyelesaikan pekerjaan rumah dengan baik, menjalankan peran ibu yg ideal, menghasilkan masakan yg enak, selalu tersenyum dan menyembunyikan kelelahannya di hadapan suami, cemerlang di kantor, supermom, perfect wife. Begitu juga dengan suami. Padahal ada segunung kelelahan yg tak terucap pada masing-masing pihak. Keduanya berpikir semua berjalan dengan normal, tidak menyadari bahwa setetes air bisa meluberkan isi gelas yg telah penuh terisi.

Analogi tersebut menggambarkan kejenuhan yg dialami mereka yg tertekan berusaha seimbang dalam banyaknya peran yg dijalankan. Film itu menunjukkan bahwa ada yg lebih penting daripada menjadi sempurna. That it’s okay to be not okay. Yang terpenting adalah menjadi pasangan yg selalu ada untuk mendengarkan dan menguatkan satu sama lain. Go crazy and have fun with your spouse! Akan lebih baik menjadi pasangan yg seru daripada menjadi pasangan yg sempurna 🙂 kurang lebih sih gitu.

Menurut saya, film ini oke banget buat ditonton dan didiskusikan bersama pasangan. Terutama bagi pasangan yg baru aja punya anak di mana seringkali mereka lebih sibuk dengan urusan anak daripada dirinya sendiri. Oya, yg paling bikin mewek dari cerita ini adalah saat anak mereka, Do Joon Soo, mengungkapkan perasaannya terkait kondisi orang tuanya itu. Film ini menjadi pengingat bahwa pernikahan merupakan sebuah perjalanan bahtera yg panjang. To go far, you may need a strong ship instead of a luxury cruise. Sail away!

Udaaaaah, ga usah baperrrr~ cuma drakor! 😛

imageproxy

Courtesy: Soompi.

Gimana, ada yg udah nonton juga? 🙂

 

*picture courtesy: forum dramacool

Advertisements

40 thoughts on “Tentang Istri yang Selingkuh

  1. Uda donloot…
    Tapi efek baper dari Moon Lovers belom ilang-ilaang..

    Padahal uda passionate banget pingin melototin Babang Sun Kyun…yang suaranyaaa~~ ommo~~
    *melting*

    Nice review!
    Langsung cuuss nonton.

    Like

  2. Belum nonton. Klo soal selingkuh gini termasuk cerita film yg nggak saya sukai. Nggak tahu kenapa. Soalnya illfill klo liat orang udah punya pasangan tapi berhubungan dengan orang lain.

    Like

  3. Welcome back Nad!! Aku baru donlot 1 episode dan belum nemu sregnya. Masih kebawa baper on the way to airport deh, jadi dipendem dulu drakor yang ini

    Like

  4. aku uda nonton mbak, bareng ma suami yg biasanya ga suka drakor, usai eps.1 malah suami yg getol download eps. selanjutnya ha ha ha…
    imho ketimbang nonton DOTS, mendingan nonton “Another miss Oh” ini drakor yg ide cerita nya unik tentang dua wanita dgn nama yg sama tp memiliki karakter bak bumi dan langit yg takdir mereka terhubung pd seorang pria.

    Like

Let's share what you think!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s