[Review] Snugi and Snarl

Ada yg tahu buku Snugi and Snarl? 🙂

Pas pertama kali liat Snugi and Snarl, saya pikir ini buku anak impor, lho… padahal ternyata asli karya anak negeri. Yuk cari tahu!

IMG_20170308_102646

Snugi and Snarl

Judul: Snugi and Snarl

Tahun: 2016

Penerbit: Monstery

Penulis dan Ilustrator: Chike Tania

Jumlah Halaman: 32 halaman, paperback.

A story about one big monster and one small girl who love each other. Until one day…

Buku Snugi and Snarl menceritakan kisah persahabatan antara seekor monster besar bernama Snugi dan seorang gadis kecil bernama Snarl. Cerita dimulai dari pertemuan keduanya hingga suatu hari, Snarl tiba-tiba merasa kesepian. Looking at how different Snugi and Snarl are, Snarl thought that she shouldn’t belong with that big monster. Snarl pikir akan lebih baik jika ia berteman dengan makhluk-makhluk yg mirip atau sejenis dengannya. Namun, benarkah begitu? Then the story goes along with her journey…

IMG_20170308_102503

Menurut saya, buku ini punya ilustrasi dan jalan cerita yg menarik. Di awal, saya bilang sempat salah kira ini buku impor karena selain berbahasa inggris, narasi yg disampaikan pun khas buku-buku dari UK, USA, ato Australia sana. And is that a good thing? YES!

Yang membuat saya jatuh cinta pada buku-buku impor biasanya karena ilustrasi yg ciamik dan narasi sederhana. Meski begitu, makna yg disampaikan dari buku-buku tersebut selalu JLEB banget. Mereka selalu bisa menyampaikan sebuah pesan secara implisit, beautifully. Nah, buku karya Mbak Chike ini punya all the good things of those imported books! ⭐ Meskipun berbahasa inggris, pemilihan kata dalam buku ini mudah dimengerti dan terdiri dari kalimat-kalimat pendek sehingga nyaman untuk dibacakan.

Snugi and Snarl adalah buku tentang persahabatan dan menghargai perbedaan. Kalo kita refleksikan ke kehidupan nyata, tentu perbedaan bisa macem-macem, mulai dari yg menyangkut SARA ampe sesuatu yg bersifat jasmani (physically). Oleh karena itu, buku ini bisa jadi media yg menyenangkan bagi orang tua untuk mengajarkan anak tentang menghargai perbedaan. Melalui buku ini, orang tua hendaknya menyampaikan bahwa perbedaan seharusnya tidak menjadi penghalang untuk berteman baik dan saling membantu 🙂 Banyak pesan yg bisa orang tua sampaikan sambil membacakan buku ini, misalnya seperti apa rasa sayang terhadap teman, bagaimana menjadi teman yg baik, menjaga diri dari teman yg mengganggu, dsb.

IMG_20170308_102632

Supaya lebih asyik storytelling-nya, orang tua juga bisa lho berimprovisasi kira-kira gimana ya suara Snugi si monster besar ini. Lebih seru lagi jika sambil memeragakan cara berjalan Snugi dan Snarl di buku ini. Terbukti tuh, dengan gaya bercerita seperti itu, cemplu selalu nagih untuk dibacakan dan ngajak pretend play jadi si Snugi dan Snarl setelahnya. Iya, seolah bermain drama 😀 Menurut saya, buku ini cocok dibacakan pada anak dengan usia mulai dari 3 tahun.

Oya, bagi yg tertarik dengan buku Snugi and Snarl, buku ini bisa dibeli di Perpus Ibun ya! 🙂

20 thoughts on “[Review] Snugi and Snarl

Let's share what you think!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s