Hallo Bumil: Aplikasi Andalan Ibu Hamil Masa Kini

Beberapa hari yg lalu, saya dapet kabar kalo salah satu teman saya dikaruniai kehamilan anak kedua. Rasanya excited bangeeett! 😀 Se-excited kabar kehamilan pertama dulu. Yup, sekarang adalah masa-masanya temen seangkatan lahiran dulu pada mulai beranjak ke kehamilan kedua, makanya lagi sering-seringnya ini ditanya: “Kapan nyusul nambah?”. Mehehehe. Anehnya, saya ga merasa offended ditanya gitu karena emang pengen juga sih, tapi santai lah… Alloh Maha Tahu kapan saat yg tepat 🙂

Mengingat proses persalinan dulu yg cukup traumatis, ada keinginan pada diri saya untuk selanjutnya bisa bersalin secara gentle, baik itu normal maupun c-section. Pengennya sih normal ya biar rada irit gitu, wkwkw. Tapi yg penting seluruh prosesnya berjalan dengan penuh kesadaran dan persiapan. Makanya, sekarang ini saya lagi getol-getolnya belajar sebagai persiapan, seperti check up kondisi tubuh biar siap menghadapi kehamilan kedua, lalu exercise yg diperlukan buat mendukung VBAC (vaginal birth after cesarean), dan nutrisi yg cukup supaya plasenta bisa tumbuh di tempat yang baik serta janin berkembang dengan normal.

Saya juga baru tau belakangan lho, bahwa ada kondisi yg dinamakan plasenta previa/akreta, yaitu kelainan implantasi plasenta. Jadi selain janin, penting bagi para bumil memantau kondisi dan kesehatan plasenta. Apalagi kalo tahu risiko terburuk dari plasenta previa/akreta adalah perdarahan kehamilan yg bisa saja mengharuskan pasien menjalani pengangkatan rahim. Nah, untuk mengedukasi para calon orang tua, tanggal 8 April 2017 lalu, Prenagen menggelar acara yang bertajuk “PRENAGEN Pregnancy Educational Journey – Siapkan Awal Kehidupan Terbaik Si Kecil & Launch Pregnancy Apps” di Pullman Hotel, Central Park.

17855039_1353507791408561_766377548231493568_o.jpg

Courtesy: Prenagen

Di acara itu, ada talkshow interaktif dengan narasumber dr. Boy Abidin, SpOG (K) tentang “Dampak Penting Kesehatan Plasenta untuk Perjalanan Kehidupan Si Kecil”. Menurut dr. Boy, plasenta adalah organ spesifik kehamilan yang berfungsi dalam transportasi nutrisi dan oksigen dari ibu kepada janin. Gak cuma itu, plasenta juga sangat berperan dalam pembentukan system saraf melalui transportasi asam lemak esensial (DHA) yg berperan dalam pembentukan kognitif atau kecerdasan. Dari situ bisa dibilang kalo kesehatan plasenta itu turut mempengaruhi kesehatan jangka panjang janin yg sedang dikandung. Melihat vitalnya peran plasenta, maka kesehatan organ satu itu wajib banget diperhatikan. Adanya gangguan pada organ plasenta, bisa menyebabkan komplikasi kehamilan semacam pre-eklampsia, prematuritas, bahkan kematian janin.

17814348_1353505644742109_6069309301796449330_o

Courtesy: Prenagen

Untuk mencegah terjadinya plasenta previa/akreta, saya juga pernah konsul dengan obgyn yg menurut beliau bisa dicegah dengan mencukupi asupan vit. D, misalnya yg bersumber dari ikan atau kalo masih diperlukan nutrisi tambahan bisa dengan mengonsumsi susu ibu hamil. Dengan begitu, hopefully si plasenta akan tumbuh di tempat yg baik, yaitu bagian atas sehingga tidak menutupi jalan lahir.

Selain acara edukasi seputar kehamilan, Prenagen juga meluncurkan aplikasi pendamping kehamilan bernama HALLO BUMIL. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kampanye “PRENAGEN Peduli, Ibu Sehat Indonesia Sehat” tahun 2017 sebagai bentuk apresiasi kepada para bumil yg telah memilih Prenagen sebagai penambah nutrisi kehamilan. Aplikasi Hallo Bumil dirancang oleh PT Cakra Radha Mustika dan dulunya bernama ILUVUBABY. Pengembangan yg berkelanjutan pada aplikasi ini disponsori oleh PRENAGEN Ahlinya Nutrisi Kehamilan & Menyusui dan KALBE Nutritionals. Menurut Sianne Permadi selaku Senior Produk Manager Prenagen, aplikasi Hallo bumil ini diharapkan bisa menjadi penyedia informasi seputar kehamilan yg membantu memenuhi kebutuhan informasi dan mengurangi kekhawatiran para ibu hamil.

new-piktochart_548_6a542adf010b67fe234355bac1b9eac8db390f63.jpeg

Yang unik dan menarik dari aplikasi ini adalah konsepnya yg interaktif seolah-olah si kecil sedang berbincang dengan ibu tentang perkembangannya dari waktu ke waktu. Lucu banget ga siiih, bikin makin ga sabar pengen ketemu debay nantinya ⭐ Ada empat fitur utama di aplikasi Hallo Bumil ini, yaitu timeline kehamilan, artikel kehamilan, kontrol kehamilan, dan juga album foto yg membantu ibu dalam mendokumentasikan setiap perkembangan janin.

Screenshot_2017-04-13-14-57-25-127_crm.iluvubaby

Artikel yg disediakan oleh aplikasi ini disusun sesuai dengan usia kehamilan ibu, jadi informasi yg diberikan benar-benar pas dengan kebutuhan. Tapi ibu juga bisa kok membaca kembali tips dan saran dari minggu-minggu sebelumnya. Di fitur control kehamilan, ibu akan diberikan informasi terkait kondisi yg mungkin dirasakan. Penting nih, biar ibu ga ngerasa kaget ato bingung dengan sindrom-sindrom yg sering muncul di tiap jenjang usia kehamilan. Ibarat mall, aplikasi bumil ini one stop banget! Segala informasi yg dibutuhkan ibu hamil bisa didapet dari aplikasi ini. Saya jadi inget pas hamil pertama dulu, tiap awal minggu selalu excited browsing-browsing perkembangan janin. Tapi ya itu, informasinya nyebar dari berbagai sumber jadi kadang bingung dan lupa mesti nyari kemana kalo mau baca-baca ulang. Sekarang udah ada aplikasi Hallo Bumil tentu jadi lebih mudah ya kalo nanti dikasi rejeki anak kedua 🙂

Oya, aplikasi Hallo Bumil bisa diunduh di PlayStore ya! Instalasi dan registrasi awalnya juga ga ribet.

Untuk ibu yg belum tahu usia kehamilan, tenang aja… aplikasi Hallo Bumil akan membantu ibu secara interaktif. Rasanya jadi kayak lagi konsul ke klinik deh 😀

Hayooo yg bumil ato temennya yg bumil, udah donlot Hallo Bumil beloom? Untuk informasi lain seputar kehamilan dan nutrisi silakan cuss ke lama Prenagen berikut:

WebsiteFacebookTwitterInstagram

 

*tulisan ini diikutsertakan dalam Prenagen Writing Competition*

Advertisements

9 thoughts on “Hallo Bumil: Aplikasi Andalan Ibu Hamil Masa Kini

  1. Second child everywhere beneran 😂😂😂

    Btw shireen sungkar pas hamil anak pertama kena placenta previa, sarwendah jg kl g salah
    *info g penting wkwkwkwkwk

    Like

  2. Waw keren. Baru tau ada aplikasi ini. Awal hamil anak pertama blum tau soal aplikasi canggih ini. Jadi aq suka serching sndri soal perkmbangan janin. Siap2 download nanti hamil anak k 2. Makasih infonya 😃

    Like

Let's share what you think!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s