Seru Ikut Main Bareng Anak di Kidzania Parent’s Experience

“The meaning of life is to find your gift. The purpose of life is to give it away” -Pablo Picasso

Belakangan ini, saya lagi tertarik banget sama yg namanya konsep Fitrah Based Education. Suatu konsep pendidikan anak yg membuat saya semakin tersadar bahwa setiap anak lahir dengan fitrah bakatnya masing-masing. Kalo saya boleh ngutip dari buku “Fitrah Based Education”-nya Ust. Harry Santosa, fitrah bakat adalah bahwa setiap anak memiliki keunikan tersendiri, sifat produktif atau potensi produktif yg merupakan panggilan hidupnya dan akan membawanya kepada peran spesifik peradaban. Tugas kita sebagai orang tua adalah membantu anak menemukan potensi tersebut dan menumbuhkannya sesuai tahap perkembangan, salah satunya melalui tour the talents.

Dalam tour the talents, anak diajak untuk mencoba berbagai kegiatan, mengikuti bermacam-macam event, atau mengikuti beragam klub. Ada satu tempat wisata keluarga yg menarik perhatian saya sejak cemplu lahir, yaitu Kidzania. Dari dulu pengen banget ke sini dan baru kesampaian weekend lalu. Sekarang saat usia cemplu udah mencukupi, pas banget ada satu program yg bikin saya penasaran, yaitu Parent’s Experience.

IMG_33B13.jpg

Courtesy: Kidzania Jakarta

Kidzania adalah tempat bermain anak dan keluarga dengan konsep city of kids yg sarat unsur edukasi dan hiburan (edutainment). Di Kidzania ini ada sekitar 70 establishments dengan 110 profesi global dengan setting yg suuuperrr kerennn didukung oleh brand-brand terkait. Jadi feels real gitu pas anak nyoba beragam profesinya. Establishment di sini bisa dimainkan oleh anak usia 2-6 tahun. Yang bikin saya takjub adalah profesinya di sini beragam bangets, mulai dari kerja di pabrik Indomie sampe secret agent ada di sini. Nah, program Parent’s Experience yg hadir sejak bulan April 2017, memungkinkan para orang tua buat ikut main bareng anak. Jadi bisa ikut masuk ke establishment dan berkegiatan bersama. Seru kan kan kan? โญ

1_resize.JPG

Courtesy: Kidzania

IMG_1312.jpg

Untuk program Parent’s Experience sendiri, harga tiketnya Rp150.000 (Jumat) atau Rp200.000 (Sabtu&Minggu). Dengan harga tiket tsb, kita bisa explore Kidzania sepuasnya. Karena tiap establishment di sini durasinya 15-30 menit, kita mesti pinter-pinter atur waktu. Bisa mulai dari yg paling kita suka ampe yg unik bikin penasaran. Lebih enak memang kalo seharian, tapi ga usah khawatirย karena di Kidzania juga ada tempat makan dan mushola. Kita gak perlu keluar masuk saat main full day ๐Ÿ™‚

Barangkali ada ortu yg punya profesi impian tapi gak tercapai atau mungkin penasaran dengan profesi tertentu, bisa banget deh dicoba di sini. LOL. Karena banyak profesi yg bisa dikenalkan dan fasilitas yg oke banget itulah menurut saya Kidzania ini salah satu tempat yg recommended buat tour the talents, semacam mini museum profesi gitulah.

How to Play at Kidzania

Saat kita berkunjung ke Kidzania, kita seolah baru saja mendarat di bandara lengkap dengan pemeriksaan boarding pass dan area pemeriksaan barang. Pembelian tiket dilakukan ticket counter dan kita bakal dipakein gelang khusus yg nantinya akan di-scan tiap masuk ke establishment.

1499767783181.jpg

Saat masuk ke Kidzania, kita udah dapet cek senilai 150 Kidzos yg bisa ditukar menjadi cash di Bank BRI Kidzania. So, Kidzos itu mata uang di Kidzania. HAHA! Lucu yah sampe punya mata uang sendiri ๐Ÿ˜€ Cek ini kita dapet bersamaan dengan boarding pass di pintu masuk. Uang dalam satuan Kidzos ini nantinya bisa ditukar dengan merchandise di Kidzania Department Store pada akhir kunjungan. ย Merchandise bisa didapatkan mulai dari 100 Kidzos, kalo masi kurang bisa disimpen dulu buat kunjungan selanjutnya ๐Ÿ˜‰

1499853495120

cek sebelum ditukar

unnamed

cash setelah ditukar

Selain itu, setiap selesai mengikuti kegiatan di establishment, kita bakal dikasih sejumlah Kidzos yg bisa kita kumpulin. Semacam dapet gaji gitu deh, dan tiap-tiap establishment menawarkan jumlah Kidzos yg berbeda tergantung profesinya. Jumlah “gaji” kita ini bisa diliat di tiap pintu establishment bareng keterangan lain, seperti batas usia anak dan lamanya aktivitas.

Weekend kemarin, kita baru bisa dateng sore dan berhasil nyoba 5 establishment yg seru banget. Mengingat kalo ditanya cita-cita cemplu jawabnya dokter gigi, arsitek, dan… moana -__-, jadi kita fokus ke profesi-profesi itu dulu.

Pepsodent Dental Clinic

Masuk ke establishment, kita diberikan pakaian khusus yg sesuai dengan profesi. Untuk ortu yg ikut Parent’s Experience, tidak diperkenankan untuk mengambil gambar di dalam karena akan ikut beraktivitas seperti anak. Jadi di dalem bukannya malah sibuk foto-foto yes ๐Ÿ˜› Foto bisa dilakukan oleh keluarga yg menunggu di luar.

Setelah pake baju dokter gigi, kita diajak buat nonton video edukasi dari Drg. Pepso. Abis itu, kita diajak buat praktek gosok gigi pake miniatur mulut & gigi, dan melakukan tindakan pada manekin pasien. Asyik yak! ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

 

Yg saya suka dari tiap establishment di sini, anak gak sekedar dikenalkan profesi, tapi juga diedukasi hal-hal yg berkaitan dengan bidang tersebut. Seperti di Pepsodent Dental Clinic, anak gak cuma dikenalkan apa saja yg dilakukan oleh dokter gigi, tapi juga diedukasi mengenai kesehatan mulut dan gigi. Selain itu, anak juga dibiasakan mandiri dengan membereskan kembali peralatan yg dipake dan mengantri. Penting nih!

Bellfoods Nugget Factory

Setelah dari Pepsodent Dental Clinic, kita bertiga cuss ke lantai 2. Sebenernya kita nyari profesi arsitek, tapi gak nemu karena sepertinya belum ada… apalagi moana -__- Nah, di lantai 2 ini, cemplu tiba-tiba tertarik buat masuk ke Bellfoods Nugget Factory. Akhirnya kita masuk deh, dan di dalam ternyata ga kalah seru dari klinik gigi. Di Bellfoods Nugget Factory ini kita diajak buat belajar bikin nugget. Awalnya kita nonton video tentang alur produksi nugget di Bellfoods Factory. Setelah itu, kita nyoba sendiri nguleni adonan dan di akhir sesi tiap peserta bisa dapet 2 potong nugget yg sudah jadi. Nyaam!

Di Bellfods Nugget Factory ini, anak juga dibiasakan untuk menjaga higienitas dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas.

 

Dexa Medica Pharmacy

Serupa dengan Bellfoods Nugget Factory, di establishment ini anak dan orang tua akan belajar hal-hal dasar seputar pembuatan obat. Seperti biasa, di awal kunjungan peserta akan menonton video yg kali ini dipersembahkan oleh Stimuno. Setelah itu baru deh praktik membuat obat dengan panduan petugas di tempat.

Obat-obat yg berhasil kita buat akan dibungkus dan dikasih keterangan di bungkusnya. Mirip bikin obat beneran deh. Namun, mainan obat tersebut hanya untuk disimpan oleh pihak apotik. Jadi gak dibawa pulang oleh peserta.

 

Urbano Living Room

Setelah menjelajah tiga establishment, kita melihat sesuatu yg unit di Urbano Living Room. Gak kayak di tempat-tempat sebelumnya, di sini kental banget suasana homey-nya. Jadi Urbano Living Room ini semacam protoype rumah di Kidzania. Ada beberapa sofa, piano, dan rak buku yg dipenuhi buku-buku anak baik lokal maupun impor. Lebih seru lagi, di sini juga ada pertunjukkan boneka (puppet show) yg dibawakan oleh petugas jaga.

 

Anak-anak seneng banget lesehan dan nyantei-nyantei di sini. Establishment ini bisa dimasuki oleh anak usia batita. Di situ anak dan orang tua bisa beristirahat sejenak, leyeh-leyeh, dan main mainan edukasi yg tersedia. Selain buku dan alat musik, tersedia juga wooden toys yg bebas digunakan oleh anak.

Nursery Room at Pocari Sweat Hospital

Ini adalah establishment terakhir yg kami kunjungi hari itu. Setelah istirahat dan sholat maghrib, kitapun mengunjungi Pocari Sweat Hospital. Sejak pertama kali bilang ke cemplu kalo kita bakal main di Kidzania, dia tertarik banget sama Nursery Room yg ada di hospital-nya. Dan bener aja, ini satu-satunya establishment di mana cemplu gak berhenti senyum sepanjang kegiatan. Girang banget, bok! LOL.

Di Nursery Room ini, kita gak nonton video sama sekali. Pertama dateng langsung berganti pakaian dan dipandu oleh petugasnya terkait handling newborn. Yes, handling newborn, guys! Ini entah cemplu yg emang keibuan apa dia kebelet pengen punya adek ya. HAHAHA. Tapi cemplu nampak enjoy sekali main sama boneka bayi di situ. Mulai dari belajar mandiin, sampe belajar nimang sambil nyanyi nursery rhymes. Haaa~

 

Selain belajar ngurus bayi, di Nursery Room ini kita juga diedukasi soal pentingnya ASI lho. Menurut saya ini bagus banget karena menyadarkan anak akan pentingnya air susu ibu sejak dini, yup sejak gadis cilik… wkwkwk.

All in all, meskipun udah ngunjungin 5 establishments, hari itu rasanya belum puas main di Kidzania. Masih banyak profesi yg pengen kita coba. Beberapa profesi ada yg belum bisa dicoba karena usia ato tinggi badan cemplu yg masih kurang, kayak di Bogasari Baking Center dan Garuda Flight Simulator. Next time dateng lagi, mesti deh dicoba ๐Ÿ™‚

Dari awal kunjungan sebenernya saya tertarik banget sama pemadam kebakaran yg kayaknya asyik banget. Aktivitasnya sampe keliling naik mobil pemadam dan menyelamatkan kebakaran sebuah gedung. Tapi sayangnya cemplu gak mau nyoba karena suara sirine yg cukup bising dan liat orang lari-lari, jadi dia agak-agak syok ๐Ÿ˜€ Mungkin belom pas aja usianya kali ya, karena saya liat memang anak-anak yg nyoba usianya >5 tahun.

IMG_20170711_171456

unnamed (15).jpg

Gak jauh dari lokasi pemadaman, ada juga Archeological Site yg disponsori oleh Combantrin. Belum kesampaian masuk ke sini, karena tiap lewat pas lagi baru mulai terus jadinya mesti nunggu lama. Bayangan saya, selain bakal belajar tentang profesi arkeolog, main pasir, juga bakal diedukasi soal kebersihan tangan dan penyakit cacingan deh, ya gak sih? ๐Ÿ˜€ Layout-nya itu lho unik banget bikin penasaran pengen nyoba!

 

We really need to come by next time buat ngenalin anak profesi yg lebih banyak lagi. Siapa tahu dengan mengetahui banyak profesi, anak akan terinspirasi dan ortupun bisa melihat minat dan bakat anak dari cara mereka enjoying the establishment.

unnamed (11)

Saat kunjungan selesai, kita akan keluar dari Immigration Office dan kembali ke dunia nyata. HAAAA~ Sampai jumpa, Kidzania! Semoga di kunjungan selanjutnya udah ada establishment buat profesi arsitek ya ๐Ÿ˜‰

Buat yg mau nyoba program Parent’s Experience, bisa dateng di waktu-waktu ini ya:

Senin โ€“ Kamis : 09.00 โ€“ 16.00

Jumat, Sabtu, Minggu :ย 

Sesi 1 : 09.00 โ€“ 14.00

Sesi 2 : 15.00 โ€“ 20.00

Ada yg pernah main ke Kidzania juga? Kira-kira profesi apa nih yg jadi favorit ato pengen dicoba? ๐Ÿ™‚

Jangan lupa follow sosial media Kidzania untuk tahu info-info terbaru dari mereka ya…

Facebook:

KIDZANIA JAKARTA

Twitter:

@kidzaniajakarta

Instagram:

@kidzaniajakarta

Website:

jakarta.kidzania.com

 

*This post is sponsored by Kidzania Jakarta

 

Advertisements

5 thoughts on “Seru Ikut Main Bareng Anak di Kidzania Parent’s Experience

  1. Gw sendiri blom pernah ajak anak ke kidzania, tapi setelah liat ini kok jadi pengen yak.. Cuma itu lho. Orang tua masuk masak d suru bayar.. Kan yg tua gak maen juga kan

    Like

Let's share what you think!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s