Cara Mudah Mengurus Taspen

Bagi para PNS, seperti saya, bisa dibilang mendaftarkan diri dalam Taspen itu penting. Sama pentingnya dengan keanggotaan pada Askes. Karena katanya siih, si Taspen ini bisa jadi salah satu syarat juga kalo misal nanti mo ambil KPR ato pinjaman-pinjaman lunak di bank 😛 Nah biasanya, pendaftaran Taspen ini bisa mulai dilakukan saat status pegawai masih CPNS. Tapi kalo karena satu dan lain hal, misal bagian kepegawaiannya kelupaan ato gimana, bisa diurus kemudian setelah jadi PNS. Dan saya termasuk pegawai yg baru bikin Taspen kemarinan hehe.

Oya, FYI, PT Taspen Persero merupakan sebuah BUMN yang diberi tugas untuk mengelola Program Asuransi Sosial, yang terdiri dari Tabungan Hari Tua (THT) dan Program Dana Pensiun. Kantor pusat PT Taspen Persero beralamat di Jalan Letjend. Suprapto No. 45, Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Sebenernya deket sih dari kantor, tapi kenapa rasanya maleeess banget buat izin bentar ngurus Taspen 😀 Bisa sih diurus secara kolektif oleh pengelola kepegawaian, tapi biasanya kalo gitu gak setiap hari ada. Ya namanya juga kolektif, dikumpulin dulu, ntar kalo udah banyakan baru deh dianter. It takes time. Hingga akhirnya, di siang itu, semuanya berubah~~~ *halah
Sepulang dari istirahat siang, saya liat ada Mobil Layanan Taspen terparkir dengan cantiknya di halaman kantor.

Triiiiinngggg~~~

Triiiiinngggg~~~

Saat saya masih terpukau, tiba-tiba mobil itu mulai pergi… ngeeengg… dan saya cuma bengong. Haaa! kok udah pergi lagi siih 😦 Dalem hati berharap semoga besok mobilnya dateng lagi >.<
Nyampe ruangan, langsung lah cari-cari berkas kepegawaian buat ngumpulin berkas kepegawaian yg mungkin dibutuhkan buat daftar Taspen (ya jaga-jaga aja sih kalo besok mobilnya dateng lagi hihi). Berdasarkan info dari ibu-ibu di ruangan, saya pun menyiapkan:
1. 1 lembar fotocopy SK CPNS
2. 1 lembar fotocopy SK PNS (atau kenaikan pangkat terakhir)
3. 1 lembar fotocopy SPMT (p.s. SPMT pertama kali saat CPNS)
4. 1 lembar fotocopy Karpeg

DONE!

besoknya….

Dan si mobil Taspen ada lagi, HORREEE!!
Dengan ngajakin beberapa temen yg belum bikin juga, cuss lah kita ke mobil layanan. Saat masuk ke dalam mobil, yg pertama kali terlintas di pikiran adalah aaaahh adeemm. Layout di dalem mobil mirip dengan mobil-mobil radio yg suka keliling. Cozy dan pelayanannya pun oke.

Suasana di dalem Mobil Layanan Taspen

Selain kita-kita yg mo bikin Taspen, banyak juga bapak ibu pegawai yg nanyain informasi soal update data dan saldo terkini dana asuransi pensiun yg sekiranya bakal beliau-beliau dapet saat pensiun kelak.

Oya, ternyata dari keempat berkas yg saya sebutin di atas, katanya yg paling penting itu adalah SK CPNS dan SPMT pertama saat CPNS. Keduanya penting untuk dasar penentuan TMT keanggotaan Taspen 🙂 Setelah mereka input data sana-sini, jadilah si Kartu Peserta Taspennya! 😀 saya suka~~ saya suka~~ *gayameimei*
Kartu Peserta Taspen
Dari info petugasnya kemarin, instansi bisa kok minta supaya mobilnya mangkal (halah mangkal) di instansi tersebut. Karena katanya, terkadang pihak Taspen bingung mo stand by di mana sedangkan mereka harus tetep harus melakukan pelayanan keliling. Jadi, buat yg pengen instansinya didatengin sama Mobil Layanan Taspen tinggal hubungi kantor pusat atau kantor layanan taspen terdekat. More info about PT Taspen Persero, bisa dilihat di Website PT Taspen Persero.

So, yuk PNS yg belum punya Taspen pada bikin! Dan siapa bilang bikin Taspen itu ribet? 🙂

Advertisements