Menyusui di Bulan Ramadhan: No Worries!

Ramadhan tinggal sisa sedikit lagi ❗ Feeling any better? HEHE.

Kali ini adalah ramadhan kedua saya dalam masa menyusui. Akhir tahun ini anak genap berusia 2 tahun dan kalo ada umur panjang, ramadhan yg akan datang bisa jadi dia udah masuk masa penyapihan. Jadi, gimana nih kesan-kesannya menyusui sambil shaum?

Buat saya pribadi, shaum sambil menyusui itu way better daripada shaum saat hamil dulu. Pas hamil tahun 2013 itu, saya bener-bener gak kuat puasa. Lapernya bikin kleyengan~ 😦 Adapun bisa tamat di hari itu, pas jam buka puasa atau sahur dipastikan saya muntah-muntah. Makanya, shaum yg awalnya tiap hari jadi molor selang-seling dan akhirnya gak kuat puasa lagi. Berbeda dengan tahun lalu di mana saya mulai shaum dalam keadaan menyusui. Awalnya agak deg-degan juga sebenernya, bakalan kuat gak yaaa 🙄 Secara saat itu anak berusia 6 bulan di mana asupan ASI masih jadi konsumsi pokoknya.

Continue reading

My Nursing Gears

Setelah selese Pekan ASI 2014 kemaren, hari ini saya mo berbagi info dan sedikit ilmu tentang pretelan menyusui. Bagaimanapun jaman sekarang rasanya peralatan bayi dan ibu hamil itu kok rasanya diada-adain, kadang suka malah jadi banyak beli tapi ujungnya gak kepake. Mana harganya itu kadang rada ga tega..hiks maksudnya kadang cuma buat “yg gitu doang” harganya segitu?? :O *jeritan dari mata turun ke dompet*

Sebelumnya, saya mo bilang kalo ASI itu emang bener-bener investasi buat kesehatan anak kita. Makanya saya ngotot banget buat mengusahakan pemberian ASI ini ke Aghis. Well, saya bukan asi-nazi, bahkan saya mengaku gagal meng-ASI eksklusif-kan Aghis karena telat bikin stok ASIP sebelum balik masuk kantor, yaitu H-7 😦 Padahal mustinya kalo pengen aman pun paling telat sebulan sebelum musti udah nyetok ASIP. Continue reading