trimester 1 – never ending

Kenapa judulnya never ending? karena rasanya luuaaamaaaa banget. Yak, trimester ini adalah trimester yg terasa sangat panjang! Selain karena belom berasa hamil (perut masi rata *ceilaah) tapi rasanya mual banget. So, i feel like sick, but doesnt look like one! hhh…
Dimulai dengan mual muntah di awal uk-5 minggu, dari yg cuma uwok-uwok ga keluar apa-apa, sampe uwok muntah beneran. Tapi untungnya, (segini masih untung) muntah yg saya alami paling 1x sehari, jarang yg ampe muntah berkali-kali meskipun pernah sih 😦

ceritanya ngidam ke PH, meskipun pas kesana mamnya gak abis karena mual :(

ceritanya ngidam ke PH, meskipun pas kesana mamnya gak abis karena mual 😦

Hilite trimester ini:
1. Dont freak out! just dont~~ freaking out just making you suffer.
2. Setiap muntah, ingatlah kalo janin di dalem sedang berkembang dengan baik. Ini cukup jadi mantra ampuh setiap kali toilet-hugging. ughh~~
3. Lebih anggun. Ini maksudnya jangan pecicilan ato grasak-grusuk. Saya yg termasuk orang yg suka grasak-grusuk, kadang senggal-senggol jadi lebih berhati-hati dalam berjalan. Tapi ya ga selebay jalannya jadi aneh gitu, maksudnya ya sangat menghindari kegiatan yg menimbulkan guncangan, kayak lari, buru-buru, loncat-loncat, ato pake kendaraan trus kena polisi tidur, dsb. Karena kalo kata bapak-bapak di kantor (lho kok?hehe) di trimester 1 ini kantung janin belum bener-bener nempel ke rahim, mungkin kasarnya gitu ya, jadi rawan banget kalo kena guncangan ato fisik bumil yg terlalu cape.
4. Foods. Trimester ini agak susah ya makanan masuk, karena mualnya itu 😦 Jadi kalo makan ya random aja gitu pengennya apa. Sarapan sekiranya yg enak batagor ya makan batagor, yg penting masuk makanan, itu aja yg jd patokan pas trimester 1 ini. Selain itu, minum susu ibu hamil juga lagi rajin-rajinnya karena semangat menyambut kehamilan hehe 😀 Untuk obat dan vitamin paling asam folat, vit b6 buat ngurangin mual dan penguat. Makanan favorit di trimester ini: Perkedel Jagung! 🙂
5. UGD ! Karena dasarnya lagi mual dan kebayang itu rujak buah segarr, jadilah suatu sore minta beliin rujak sama suami, lahap! Tapi karena saya pengidap maag, kurangnya nasi yg masuk dan terlalu banyak makan yg asem-asem bikin asam lambung naik dan harus masuk UGD karena mualnya. bandel..hehehe 😛

Total surat izin sakit untuk trimester ini adalah untuk 5 hari, karena si maag itu tadi. Selain itu, alhamdulillah berat badan selalu naik, juga berat janin. Meskipun mual tapi tetep maksain biar ada makanan masuk dan gizinya terpenuhi.
Yang penting adalah makan dan minum dengan gizi seimbang! Sejak awal kehamilan, saya berkomitmen untuk makan sayur dan buah setiap hari dan mulai meninggalkan makanan pedas yg sooo irresistable! hup hup!

Awalnya agak parno juga sih seiring banyaknya orang yg wanti-wanti biar hati-hati, tapi saya bersyukur karena mereka selalu mengingatkan, juga membantu 🙂 Apalagi di trimester 1 ini saya masih sering keluar kota, sempet khawatir juga kecapean. Tapi alhamdulillah…bapak/ibu di kantor perhatian sekali, dari bantuin bawa barang bawaan (tas laptop dan bajubaju), memaklumi bau minyak angin yg saya hirup buat ngilangin mual, sampe selonjoran lemes di lobby hotel. wkwkwk Tapi seneng juga sih dengan dinas luar kota itu jadi dapet buah-buahan dan makanan yummy ala hotel yg ampuh buat ngatasin mual-muntah 😀 *PEACE*